"Banyak cara mewujudkan merdeka belajar salah satunya melalui Pendampingan Individu 5."
Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 telah sampai pada fase akhir. Calon Guru Penggerak (CGP) saat ini sedang mempelajari submodul 3.3.
Pada submodul 3.3 ini, CGP belajar tentang Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. CGP belajar secara sinkronus dan asinkronus melalui daring maupun luring.
Salah satu fase belajar yang dilalui CGP adalah Pendampingan Individu 5 (PI-5). Fokus PI-5 erat kaitannya dengan upaya mewujudkan merdeka belajar.
Selain itu, juga terkait dengan Perkembangan Komunitas Belajar. Fokus pendampingan lainnya adalah Penilaian Praktik Percakapan Coaching.
Keempat fokus pendampingan tersebut memiliki peran masing-masing dalam upaya mewujudkan merdeka belajar. Keempatnya juga merupakan elemen kunci dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.
Guna ketercapaian hasil pendampingan, aktivitas pembelajaran dilakukan. Aktivitas ini mengacu pada panduan PI-5. Berikut deskripsi aktivitas yang dilakukan saat melakukan PI-5.
Pendampingan dilaksanakan dalam bentuk diskusi berbasis coaching. Dalam pendampingan ini ada tiga bagian, yaitu awal, inti, dan akhir.
Pertama, Bagian Awal
Pada bagian awal ini Pengajar Praktik (PP) menyampaikan salam dan menanyakan kabar kepada Calon Guru Penggerak (CGP). Tidak lupa menyampaikan tujuan dan fokus pendampingan individu-5