Salah satu manfaat menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah mendapatkan inspirasi ide praktik. Bukan saja terkait ide dan eksekusinya, melainkan juga cara menuliskannya.
Sebagai salah satu aplikasi pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), PMM memang layak menjadi pusat inspirasi. Banyak hal terkait Merdeka belajar yang dibagikan.
Berikut salah satu ide praktik yang ditulis setelah mempelajari cara menulis praktik baik di PMM.
Penilaian Berdiferensiasi Menggunakan Quizizz
Bagaimana melakukan penilaian berdiferensiasi sesuai kebutuhan belajar murid? Apakah upaya tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran?
Situasi dan Tantangan
Murid Kurang Bersemangat Mengikuti Proses Pembelajaran
Pada beberapa materi pembelajaran, murid kelas VII B SMP Negeri 3 Lingsar kurang semangat mengikuti proses pembelajaran. Hal ini karena materi berisi uraian yang sangat panjang.
Selain itu, penyajian materi di kelas dirasa belum sepenuhnya mampu memenuhi kebutuhan belajar murid. Murid di kelas ini lebih suka belajar mandiri dengan mengerjakan soal-soal.
Guru pun berusaha memenuhi kebutuhan belajarnya tersebut. Soal-soal yang jawabannya merupakan rangkuman materi penting pun diberikan.
Namun, tidak serta merta berhasil membuat aktif dalam proses pembelajaran. Beberapa murid terlihat masih ogah-ogahan menyelesaikan soal.
Kualitas Pembelajaran Tidak Sesuai Harapan
Meskipun kebutuhan belajar telah terpenuhi sejak awal proses pembelajaran, tetapi belum menunjukkan kualitas yang berarti. Murid juga masih enggan membuka buku untuk menemukan jawaban.
Murid cenderung bergantung pada guru untuk memberitahukan letak halaman tempat jawaban. Hal ini tentu tidak menjamin pembelajaran yang berkualitas.