Lihat ke Halaman Asli

Sudomo

Guru Penggerak Lombok Barat

Uraian Lengkap Aktivitas Lokakarya 4 Guru Penggerak

Diperbarui: 28 Februari 2023   14:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi aktivitas belajar dalam lokakarya 4 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kota Mataram (Foto: Dokumentasi pribadi) 

"Apa yang dilakukan guru penggerak saat lokakarya 4 dalam kaitannya dengan pengembangan kompetensi dirinya?"

Pertanyaan tersebut muncul untuk mengetahui arti penting lokakarya 4 bagi guru penggerak. Selain itu, pertanyaan tersebut juga muncul untuk mengetahui seperti apa guru penggerak belajar. 

Tanpa adanya motivasi diri, mustahil guru penggerak akan semangat mengikuti proses pembelajaran. Terlebih dengan adanya dukungan dari Pengajar Praktik (PP) selaku fasilitator. 

Kolaborasi keduanya akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Bagaimanapun keduanya adalah mitra yang sejajar. Kunci keberhasilan kolaborasi adalah saling belajar dan berbagi. 

Seperti halnya dalam lokakarya lain pada lokakarya ini guru penggerak diharapkan mampu menampilkan kemampuan coaching pada rekan sejawatnya menggunakan alur percakapan TIRTA. 

Selain itu, diharapkan juga mampu menampilkan kemampuan melakukan supervisi akademik dengan pola pikir coaching. Tidak lupa juga mampu menghasilkan rencana pengembangan diri berdasarkan praktik supervisi akademik.

Guna ketercapaian tujuan tersebut, beberapa aktivitas dilakukan guru penggerak bersama fasilitator kegiatan. Berikut uraian lengkapnya. 

1. Pembukaan Pleno

Sesi ini diawali dengan laporan pelaksanaan egiatan oleh Ketua Panitia Pelaksana dari BGP NTB. Kemudian dilanjutkan dengan pengantar dari Kepala SMPN 2 Mataram. Selanjutnya adalah sambutan oleh perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Mataram. Kegiatan dibuka secara resmi Kepala Kantor Cabang Dinas Mataram – Lombok Barat Dinas Dikpora NTB. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline