Lihat ke Halaman Asli

Sudomo

Guru Penggerak Lombok Barat

Belajar Seru ala Guru Penggerak, Seperti Apa?

Diperbarui: 4 Februari 2023   09:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi buku. (Foto: Dokumentasi pribadi menggunakan Canva) 

"Berawal dari suka dengan cara seru belajarnya, lahirlah dukungan untuk terus maju bersama-sama." - Sudomo

Salah satu nilai yang dimiliki oleh guru penggerak adalah mandiri. Nilai ini diartikan sebagai keinginan melakukan suatu hal tanpa menunggu perintah dari atasan. Dengan kata lain, setiap guru penggerak tergerak dengan sendirinya untuk melakukan perubahan, baik diri, kelas maupun sekolah. 

Agar bisa melakukan perubahan, guru penggerak terus berusaha mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan belajar. Berdasarkan pengalaman yang dimiliki, guru penggerak memiliki cara seru belajar yang dapat diterapkan juga dalam proses pembelajaran. 

Cara seru belajar ini akan bisa membuat guru penggerak disukai oleh murid-muridnya di kelas. Hal ini karena cara seru ini menyenangkan bagi guru penggerak maupun murid itu sendiri. 

Apa Definisi Belajar Menurut Ahli?

Belajar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Selain itu, juga berarti berlatih. Belajar menurut KBBI juga memiliki pengertian berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.

Winkel mengungkapkan bahwa belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

Sedangkan menurut Ernest R. Hilgard (1984), belajar diartikan sebagai proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.

Ahli lain, Gagne (1977) menyatakan bahwa belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu.

Bower (1987) berpendapat bahwa arti belajar adalah ditunjukkan oleh perubahan yang relatif tetap dalam perilaku yang terjadi karena adanya latihan dan pengalaman-pengalaman. Belajar adalah suatu proses kognitif.

Sedangkan menurut M. Ngalim Purwanto dalam buku “Psikologi  Pendidikan” belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang  menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan sikap, kebiasaan, kepandaian atau suatu pengertian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline