"Berawal dari suka dengan cara seru belajarnya, lahirlah dukungan untuk terus maju bersama-sama." - Sudomo
Salah satu nilai yang dimiliki oleh guru penggerak adalah mandiri. Nilai ini diartikan sebagai keinginan melakukan suatu hal tanpa menunggu perintah dari atasan. Dengan kata lain, setiap guru penggerak tergerak dengan sendirinya untuk melakukan perubahan, baik diri, kelas maupun sekolah.
Agar bisa melakukan perubahan, guru penggerak terus berusaha mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan belajar. Berdasarkan pengalaman yang dimiliki, guru penggerak memiliki cara seru belajar yang dapat diterapkan juga dalam proses pembelajaran.
Cara seru belajar ini akan bisa membuat guru penggerak disukai oleh murid-muridnya di kelas. Hal ini karena cara seru ini menyenangkan bagi guru penggerak maupun murid itu sendiri.
Apa Definisi Belajar Menurut Ahli?
Belajar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Selain itu, juga berarti berlatih. Belajar menurut KBBI juga memiliki pengertian berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.
Winkel mengungkapkan bahwa belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Sedangkan menurut Ernest R. Hilgard (1984), belajar diartikan sebagai proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Ahli lain, Gagne (1977) menyatakan bahwa belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu.
Bower (1987) berpendapat bahwa arti belajar adalah ditunjukkan oleh perubahan yang relatif tetap dalam perilaku yang terjadi karena adanya latihan dan pengalaman-pengalaman. Belajar adalah suatu proses kognitif.
Sedangkan menurut M. Ngalim Purwanto dalam buku “Psikologi Pendidikan” belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan sikap, kebiasaan, kepandaian atau suatu pengertian.