Lihat ke Halaman Asli

Sudomo

Guru Penggerak Lombok Barat

RTL Pendampingan Individu-3

Diperbarui: 14 Desember 2022   05:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Perencanaan yang baik memiliki kemungkinan lebih besar untuk keberhasilan pelaksanaan. Agar proses pendampingan berikutnya lebih optimal, Pengajar Praktik (PP) perlu menyusun rencana pendampingan ke depannya. Tema pendampingan ke depannya adalah evaluasi dan pengembangan proses pembelajaran. Rencananya juga akan melakukan pendampingan di luar jadwal. Hal ini akan dilakukan sebelum jadwal Pendampingan Individu-4. Pendampingan awal ini bertujuan untuk mendiskusikan tentang teknis pelaksanaan Pendampingan Individu-4. Termasuk di dalamnya adalah memastikan kesiapan dokumen yang dibutuhkan beserta instrumen lainnya, termasuk lembar observasi. 

Pendampingan ke depannya ini menyesuaikan dengan paket modul yang telah dipelajari oleh CGP. Sejauh ini CGP telah belajar paket modul 2 Praktik Pembelajaran Berpihak pada Murid. Pada paket modul 2 ini terdiri dari submodul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi, 2.2. Pembelajaran Sosial Emosional, dan 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik. 

Dokpri

Capaian belajar CGP pada paket modul 2 tersebut meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdiferensiasi dan Sosial Emosional. Selain itu, juga meningkatnya kompetensi CGP dalam mengembangkan orang lain melalui coaching dalam bentuk supervisi akademik. 

Dokpri

Melalui diskusi sejak awal yang intensif terkait capaian belajar, diharapkan pada pendampingan berikutnya capaian yang mungkin tercapai adalah CGP mampu:

  1. Mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak pada murid yang ditandai dengan penerapan hasil belajar modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial emosional di kelas;

  2. Menumbuhkan komunitas praktisi di sekolah sebagai bentuk kolaborasi dengan warga sekolah;

  3. Meningkatkan kompetensi diri dalam mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi terutama terkait pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional yang telah dilakukan.

  4. Melaksanakan prakarsa perubahan secara konkret di sekolah secara berkelanjutan; dan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline