Lihat ke Halaman Asli

Sudomo

Guru Penggerak Lombok Barat

Jurnal Pembelajaran Daring CGP Submodul 1.2, Seperti Apa?

Diperbarui: 29 November 2022   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sebagai seorang Pengajar Praktik (PP) tentu telah siap dengan tugas yang harus diembannya. Pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 saat ini, tugas PP sedikit berbeda dengan angkatan-angkatan sebelumnya. Pada angkatan 6 ini, PP mendapat tugas tambahan, yaitu mengikuti sesi Ruang Kolaborasi dan Elaborasi Pemahaman. Dalam tugasnya, PP berperan mengamati aktivitas CGP dampingan selama mengikuti sesi. 

Hal ini perlu dilakukan agar PP mendapat gambaran untuk dapat dituangkan dalam Jurnal Pembelajaran Daring CGP. Termasuk saat mengisi Jurnal Pembelajaran Daring CGP Submodul 1.2. Jurnal pembelajaran disusun berdasarkan alur belajar yang dilakukan CGP di earning Management System (LMS) PGP, yaitu MERDEKA. 

Alur belajar ini terdiri dari Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antarmateri, dan Aksi Nyata. PP menyarikan tugas-tugas yang diunggah CGP dalam masing-masing alur ke dalam jurnal pembelajaran ini.

Berikut ini contoh jurnal pembelajaran salah seorang CGP dampingan yang telah diunggah ke LMS PGP sebagai bentuk pemantauan terhadap perkembangan kemajuan belajar CGP.

Mulai dari Diri

Pada alur belajar ini, tugas yang diunggah CGP menggambarkan peristiwa positif dan negatif yang dialami.sepanjang perjalanan hidup. Termasuk dampak emosional yang dirasakan saat mengalami peristiwa tersebut yang dijadikan sebagai penyemangat dalam hidup. Selain itu, juga tergambar nilai dan peran diri dalam berbagi dan berkolaborasi. Secara umum tugas yang dikerjakan telah sesuai dengan pertanyaan panduan yang diberikan. Namun, perlu tambahan gambar trapesium usia.

Eksplorasi Konsep

Sedangkan pada alur belajar ini, CGP ada upaya memberikan tanggapan pada setiap bagian materi melalui kolom your notes and questions. Tugas yang dituliskan menjabarkan tentang nilai inovatif sesuai kebutuhan murid. Selain itu juga menampilkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah sesuai dengan peran guru penggerak. Hal menarik yang bisa diambil, yaitu adanya tutor sebaya.

Ruang Kolaborasi

Secara umum CGP mengikuti kegiatan Ruang Kolaborasi dengan baik. Selain itu, juga aktif berpendapat selama jalannya diskusi kelompok. CGP juga mengunggah tugas yang secara umum sesuai dengan petunjuk pengerjaan tugas. Tugas diunggah dalam bentuk video yang menarik. Selain itu, dilengkapi dengan dokumentasi kegiatan terkait implementasi nilai dan peran guru penggerak.

Demonstrasi Kontekstual

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline