Lihat ke Halaman Asli

Sudiono

I Owner Vpareto Travel Indonesia I Konsultan Ausbildung I https://play.google.com/store/apps/details?id=com.NEWVPARETOTOURNTRAVEL.android&pli=1

Visi Misi Caleg Apa Itu?

Diperbarui: 17 Januari 2024   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok pribadi

Salah satu cara untuk menyampaikan buah pikiran kepada pemilih yang menjadi lokasi di tempat kita mendaftarkan diri pada Daerah Pemilihan (Dapil) adalah sosialisasi visi dan misi Caleg. Visi adalah pandangan jauh ke depan berupa ide dan gagasan cemerlang, sedangkan misi adalah bagaimana menjadikan semua gagasan visi bisa dilaksanakan pada saat setelah janji kampaye Caleg. Mengapa visi dan misi itu penting bagi seorang caleg ? alasannya pertama, visi dan misi menjadi pedoman kerja jika sudah terpilih menjadi anggota legislative. Kedua, menjadi pembeda antara caleg satu dengan caleg yang lain walaupun satu Dapil apalagi dengan partai lain Ketiga, visi misi menjadi pegangan pemilih. 

Jika seorang anggota legislative pada saat melaksanakan sosialisasi kepada calon pemilih biasanya ada semacam kontrak politik. Berisi kalimat atau pernyataan kesediaan para pemilih untuk mencoblos di hari pemilihan suara. Barisan kata-kata yang dituangkan dalam MoU Moemorandum Of Understandin atau bahasa kampung Hak Tagih menjadi pembeda untuk menarik suara dukungan. 

Di suatu wilayah / desa dalam kecamatan yang sama bisa saja dengan visi misi yang sama para caleg mengimplementasikan programnya berbeda. Desa A jalanan mulus, juga Desa B. Tapi kalau ditelisik lebih jauh walaupun sama-sama  memiliki jalanan mulus kebutuhan kedua desa bisa berbeda. Kalau di Desa A jalanan mulus sudah ada angkot tetapi jalanan mulus di Desa B belum ada angkot. Maka misi/program di kedua desa bisa saja untuk Desa A karena sudah lama ada angkutan pedesaaan maka yang dibutuhkan adalah menambah armada, meningkatkan kualitas kendaraan lebih nyaman, penambahan jarak tempuh dan perbaikan rambu jalan.  Untuk Desa B diperlukan jalur angkot beserta sarana dan prasarananya. Seperti di Desa Lambangsari Kecamatan Tambun Selatan setelah adanya angkutan pedesaaan/perkotaan maka pihak dinas perhubungan kabupaten dengan pemprov DKI Jakarta menambah rute bus besar rute ke Jakarta (Blok M, Jakarta Kota, Tanah Abang dll). Sedangkan Lambangjaya belum ada angkutan perkotaan dan bus besar menuju Jakarta. Disinilah salah satu cara bagaimana seorang caleg bisa menerapkan visi dan misi. 

Ada sebuah contoh visi dan misi caleg yang bisa di kutip sebagai berikut :

                                                                                    Bismillahirrohmanirrohim

Visi:

Terwujudnya Kabupaten Bekasi yang Madani, Unggul, Ukhuwah (Persaudaraan Ummat), Hurriyah (Kebebasan), Musawah (Kesamaan), 'Adaalah (Keadilan), agamis dan Berkelanjutan

Misi:

  • Meningkatkan kualitas lembaga Pendidikan Pesantren dan output lulusannya siap mandiri, melanjutkan Pendidikan tinggi dan bekerja sesuai kompetensinya.
  • Menciptakan program pelatihan dan pendidikan keterampilan, sertifikasi gratis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memberdayakan masyarakat dapat bekerja di kawasan industri terkini.
  • Meningkatkan jaringan infrastruktur dan transportasi penghubung antar-kecamatan untuk memperkuat ekonomi lokal dan meningkatkan daya saing serta membuka lapangan pekerjaan.
  • Mengembangkan kearifan local (Local Genius) potensi unggulan tingkat kecamatan, termasuk bidang pariwisata, pertanian, atau industri kreatif, untuk menggerakkan sektor ekonomi UMKM yang berkelanjutan
  • Terlaksananya Good Governance dan akses layanan publik yang berkualitas dan bebas KKN bagi masyarakat umum.

Selanjutnya apakah semua caleg  membuat visi dan misi serta melaksanakan sosialisasi ? Nah di sinilah masyarakat jangan tidak peduli sebab bagaimanapun juga budaya kasih sembako mengeliminir caleg. Caleg hanya tahu yang praktis tapi tidak mau memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Wallahu alam bis sawab




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline