Lihat ke Halaman Asli

SUDARYANTO

Dosen di Universitas Sragen (UNISSRA)

LDK bagi Organisasi, Penting?

Diperbarui: 23 Oktober 2023   23:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan LDK/dokpri

Organisasi merupakan kata yang tidak asing kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam jenis organisasi yang ada dan kita kenal baik Organisasi tingkat internasional, nasional maupun lokal. Salah satu organisasi lokal adalah organisasi kemahasiswaan di sebuah perguruan tinggi. Berbagai macam organisasi yang ada diperguruan tinggi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), berbagai macam UKM (Unit Kegiatan Kemahasiswaan, Himpunan Mahasiswa Jurusan lain sebagainya. 

Menurut KBBI definisi organisasi adalah suatu kesatuan atau susunan yang terdiri atas orang-orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. Dari definisi tersebut dapat dijabarkan bahwa sebuah organisasi terdiri dari beberapa orang dengan berbagai latar belakang yang disatukan dalam satu wadah yaitu organisasi dengan tujuan tertentu. Tentunya untuk mencapai tujuan organisasi dibutuhkan kemampuan pengurus organisasi khususnya pimpinan dalam mengorganisasir sumber daya yang ada  sehingga tujuan organisasi dapat direalisasikan. 

Lain perguruan tinggi tentunya lain pula macam organisasi yang ada termasuk di Akper YAPPI Sragen yang mempunyai dua organisasi kemahasiswaan yakni BEM dan ORMI (Organisasi Mahasiswa Islam). Dalam rangka memberikan bekal kepemimpinan dalam menjalankan organisasi intra kampus Akper YAPPI Sragen membekali para pengurus organisasi kemahasiswaan dengan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelantikan pengurus organisasi yang telah berlangsung tanggal 13 Oktober 2023 yang lalu. 

Dalam LDK ini para mahasiswa dibekali berbagai macam materi dasar dalam menjalankan sebuah organisasi agar ke depan organisasi dapat berjalan dengan baik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dibutuhkan dalam sebuah organisasi: 

Team work, kerjasama tim mutlak diperlukan dalam menjalankan sebuah organisasi mengingat dalam organisasi tidak hanya terdiri dari satu orang saja melainkan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Setiap anggota mempunyai kompetensi yang berbeda-beda dan dengan menyatukan perbedaan ini maka akan menjadi satu kekuatan dalam sebuah organisasi.

Komunikasi, saling komunikasi satu dengan lainya menjadi kunci penting dalam sebuah organisasi. Terkadang karena tidak saling komunikasi menjadikan suatu masalah dalam organisasi

Saling peduli, rasa kepedulian satu dengan lainya juga menjadi faktor penting dalam sebuah organisasi. Hendaknya ketika salah sanggota organisasi mengalami masalah, kendala, kesulitan maka sebagai bentuk kepedulian sudah menjadi kewajiban anggota lain untuk membantu menyelesaikan masalah. 

Menghargai satu dengan lainya, antar pengurus perlu saling menghargai segala macam perbedaan yang ada dalam organisasi. Perbedaan pendapat menjadi masalah yang seringkali muncul dalam organisasi dan terkadang karena perbedaan pendapat ini menjadikan perselisihan dan masalah organisasi. Hal tersebut tentunya akan dapat diminimalkan dan dihindari ketika setiap anggota saling menghargai perbedaan. 

Keikhlasan dan kesolidan, keikhlasan menjadi sesuatu yang fundamental ketika kita bergabung dalam sebuah organisasi. Dengan bekal rasa ikhlas maka kita tidak akan merasa berat menjalankan segala kegiatan yang ada dalam organisasi. Ditambah dengan kesolidan tim maka organisasi akan menjadi lebih sempurna sehingga akan terwujud organisasi yang sehat. Sehatnya organisasi ini akan berdampak pada produktif tidaknya sebuah organisasi dan akhirnya akan berpengaruh terhadap terealisasinya program kerja yang telah direncanakan. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline