Beberapa bulan lalu, ketika sedang mengendarai motor, selintas, saya menemukan papan nama sekolah bertuliskan Unit Pelaksana Teknis Sekolah X…Pada waktu itu, tidak sedikitpun terpikirkan apa yang dimaksud dengan ‘pelaksana teknis’ itu.
Kemarin, saya menpunyai kendala dalam mengoperasikan HP. Gaptek ! bertanya ke sana ke mari, sama tidak memahaminya. Seorang kawan menyarankan untuk membaca manual teknisnya. Sayang sekali, manual tersebut hilang entah kemana. Terpaksa saya meluangkan waktu untuk berkonsultasi dengan counter HP. Akhirnya masalah dapat diselesaikan oleh ahlinya. Sampai saat ini saya bisa mengoperasikannya.
Lalu, apa kaitanya antara manual dengan unit pelaksana teknis. Manual dibuat oleh ahli yang bertujuan memandu orang lain dalam mengoprasikan suatu sistem pekerjaan, dari A sampai Z. Sifatnya mekanistik. Jika kita mengotak atik sistem operasi tersebut sesuai dengan keinginan kita maka dianggap menyalahi prosedur. Akibatnya bisa rusak. Saya bukan ahlinya, karena itu patuh saja pada petunjuk teknis yang telah ditentukan.
Sedangkan sekolah sebagai unit pelaksana teknis mengandung makna bahwa warga sekolah (guru dan kepala sekolah) harus melakukan pekerjaannya sesuai dengan manual teknis yang telah ditetapkan dari ‘sananya’. Siapakah itu? Para ahli (expertise) kah? Bukankah di sekolah juga terdapat ahli mendidik, ahli mengelola (kepala sekolah) , ahli bimbingan dan konseling dan ahli mengawasi (pengawas)? Mereka bukan tukang tetapi ahli.
Lalu apa bedanya tukang dengan ahli. Menurut saya tukang adalah mampu melaksanakan hal teknis, sedangkan ahli mampu melaksanakan hal teknis dan teorinya (theory in use). Tukang tidak menpunyai kemampuan menjelaskan teori dan konsep yang menjadi alasan dari suatu hal-hal yang bersifat teknis.
Pada umumnya, seseorang disebut ahli apabila kerjanya berpatokan pada kaidah ilmu pengetahuan yang telah lama dipelajarinya. Ahli dalam ilmu, juga ahli secara teknis. Standar, norma atau ukuran dalam bekerja ditentukan oleh dirinya sendiri. Standar sebagai panduan dalam rangka melaksanakan pekerjaan yang ditentukan oleh pihak di luar dirinya dianggap benar sepanjang memenuhi kaidah ilmu pengetahuan yang telah dipelajarinya. Atau anggap saja sebagai bahan pengayaan dalam rangka meningkatkan kemampuan profesionalnya. Apabila dianggap keliru, maka lebih baik tinggalkan saja. Mampukah sekolah mengabaikan hal-hal yang bersifat teknis apabila hal tersebut dianggap keliru ?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H