Lihat ke Halaman Asli

Sucor Sekuritas

Sucor Sekuritas

CTRA Targetkan Pertumbuhan Pendapatan 8% Sepanjang Tahun 2024

Diperbarui: 8 Juli 2024   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster Gambar C-talks CTRA

Sektor properti di Indonesia menyumbang hampir 15% dari total PDB pada tahun 2023. Meskipun menghadapi tekanan suku bunga yang meningkat, sektor properti dan real estate tetap menunjukkan potensi pertumbuhan. Di tahun 2024, sektor properti mencatat pertumbuhan kredit properti secara keseluruhan yang tumbuh 10,55% YoY menjadi Rp 896,9 triliun pada bulan Mei lalu. Sebagai perbandingan, pertumbuhan kredit properti di Mei 2023 hanya sekitar 9,13% YoY dengan nilai Rp 811,38 triliun.

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) merupakan salah satu emiten sektor properti dan real estate di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1981. Kegiatan utama CTRA meliputi pengembangan proyek residensial (kaveling tanah, rumah hunian, ruko, apartemen, dan perkantoran strata title), khususnya yang berskala kota (township residential) serta pengembangan dan pengelolaan properti komersial (penyewaan pusat niaga atau mal, hotel, apartemen, perkantoran, rumah sakit, lapangan golf, dan waterpark). CTRA sendiri telah mengembangkan lebih kurang 85 proyek di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2023, CTRA berhasil meraih prestasi melalui keberhasilan dalam mencetak rekor tertinggi dalam marketing sales sepanjang sejarah perusahaan sebesar Rp 10,2 triliun. Capaian tersebut diperoleh salah satunya melalui penjualan rumah dengan harga yang cukup tinggi "Sampai saat ini yang paling banyak penjualan nya antara 2-5 miliar padatahun 2023 banyak memasarkan rumah-rumah seperti itu, tentu revenue jadi besar walaupun volume mungkin menurun tapi harganya jauh lebih besar" ungkap Harun Hajadi dalam IG Live bersama Sucor Sekuritas (5/7/24).

Melalui prestasi marketing sales yang meningkat tersebut, CTRA juga berupaya membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya sebesar Rp 389 miliar dari laba bersih tahun 2023 yaitu Rp 1,8 triliun pada 19 Juli 2024. Harun Hajadi juga mengungkapan bahwa CTRA tetap berupaya membagikan dividen pada tahun depan kepada para pemegang saham CTRA "CTRA akan bagikan dividen lagi tahun depan" ungkap Harun Hajadi.

Di tahun 2024, CTRA menargetkan perolehan marketing sales sebesar Rp 11,2 triliun. Ciputra Development telah meraih Rp 3,3 triliun sekitar 30% dari target marketing sales di kuartal I 2024. Perolehan ini meningkat 24% dari kuartal I 2023. CTRA juga menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 8% di tahun ini melalui adanya dua proyek yang akan diresmikan pada tahun ini "kita proyeksikan ada peningkatan 8%, Untuk tahun ini, proyek utama dari CTRA adalah peresmian dua proyek baru. Namun, saya belum dapat memberikan detail lokasi proyek tersebut saat ini. Informasi lebih lanjut akan disampaikan seiring perkembangan proyek" ungkap Harun Hajadi.

Check the videos here!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline