Lihat ke Halaman Asli

Siap-siap Telpon Rumah di Cabut Saat Berhenti Langganan IndiHome

Diperbarui: 2 Februari 2016   19:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sumber Gambar: Telkom IndiHome"][/caption]Lebih dari empat tahun yang lalu, kami berlangganan internet, biaya perbulannya  ditambah pajak  Rp 330.000. Tidak memberatkan karena  internet dipakai tujuh rumah, yaitu rumah kami dan tetangga. Karena rumah saling berhimpitan, jadi kabel dari rumah kami tidak perlu terlalu  panjang.   Setiap rumah, waktu itu membayar iuran Rp 50.000/bulan. Kebetulan rumah kami digunakan sebagai server. 

Dua tahun yang lalu, kami beralih mengambil paket indihome  dengan biaya perbulannya Rp 385 ribu termasuk gratis pengunaan telpon lokal dan interlokal, kecuali pemakain HP.

Pertengahan tahun 2015, lebih dari 3 kali pihak Telkom menawarkan  kami untuk mengambil layanan paket baru yang diluncurkan awal tahun 2015, yaitu paket baru layanan Indihome Fiber Triple Play. Menurut marketingnya,   jika mengambil paket tersebut, Telkom memberikan layanan triple play diantaranya ‘Internet hingga 100Mbps, Tv Interaktiv UseTB, dan telpon rumah gratis selama 1.000 menit/bulan.

Pihak Telkom 'merayu’ dengan mengatakan ‘seolah-olah’ kami ini pelanggan istimewa karena katanya tidak semua  pelanggan ditawari paket tersebut. Makanya kami rugi kalau tidak mengambilnya.

Tetapi di lain waktu saya mencoba tanya-tanya ke tetangga perumahan, ternyata mereka yang sudah memasang internet juga di tawari paket yang sama. Hehe, kesimpulan saya, marketing tidak jujur saat menawarkan paket tersebut. Kepada semua pelanggan, mereka mengatakan seolah-olah pelanggan istimewa.

Tentunya sekilas, tawaran paket baru ini memang sangat menarik dan kompetitif karena memberikan layanan triple play yang terdiri dari internet kecepatan tinggi plus tawaran TV interaktif dengan label UseeTV yang memiliki  69  channel favorit  plus  telepon rumah local dan interlokal gratis.

Tetapi, suami kurang sepakat untuk mengambil paket tersebut, dengan alasan utama  TV kabel diperkirakan  tidak cukup bermanfaat bagi kami, terutama cukup menganggu belajar anak-anak.  Selain alasan tersebut, paket  Indihome Fiber Triple Play membutuhkan biaya Rp 440.000/bulan (sudah ditambah pajak). Ya, kami tentu tidak enak karena  harus membebani iuran perrumah, selain juga fasilitas TV kabel hanya rumah kami yang bisa mengaksesnya.

Sepanjang  bulan Januari –Februari 2016, sudah dua kali pihak Telkom telpon dan menawarkan paket yang sama. Lagi- lagi mereka (marketing) bilang nomer rumah  kami menjadi pilihan karena tidak semua pelanggan ditawari paket menarik tersebut.

Lagi-lagi, kami belum tertarik untuk berpindah ke paket yang ditawarkan.

Sore ini (Selasa, 2/2/2016), saya iseng-iseng mencoba telpon ke 147 untuk memperjelas paket Indihome Fiber Triple Play. Karena selama 5 kali ditawari marketing, mereka  hanya memberikan penjelasan yang  asyik-asyik saja, maka saya tadi tanya tentang  resiko jika saya berhenti berlangganan paket indihome tersebut.

Saya diterima pertugas yang mengaku bernama Dodi, dan ia menjelaskan bahwa jika pelanggan berhenti langganan salah satu ( misalnya memutuskan berhenti  langganan internet atau tv kabel) ternyata secara otomatis ketiganya juga berhenti. Artinya karena 3 hal tersebut satu paket, maka otomatis saat saya berhenti langganan tv kabel, maka internet, tv kabel dan no telpon rumah juga di cabut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline