Lihat ke Halaman Asli

Peran Humas dalam Menciptakan Nama Baik Perusahaan

Diperbarui: 20 Juni 2023   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Public Relations atau humas merupakan kegiatan membangun strategi komunikasi agar terjadinya hubungan saling menguntungkan antara perusahaan dengan publik. Humas memiliki fungsi dan peran untuk memastikan perusahaan memiliki citra yang positif dan memiliki nilai yang tinggi di tengah masyarakat. Seksi humas saat ini banyak diminati karena memiliki peranan yang sangat penting dalam perusahaan. Jika seksi humas tidak ada di perusahaan, maka perusahaan akan kesulitan mendapatkan citra dan nama yang baik di mata masyarakat. Walaupun perusahaan tersebut memiliki produk yang bagus, tetapi jika tidak mempunyai seksi humas maka hasilnya tidak akan sempurna. Ibarat nasi tanpa lauk, begitulah posisi humas di dalam perusahaan. 

Masyarakat pastinya menggunakan barang atau jasa dari perusahaan yang memiliki citra positif. Sebagai contoh, sebuah sekolah akan berusaha menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa sekolah mereka adalah yang terbaik. Tujuannya, untuk menarik banyak orangtua agar mau menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Jika banyak orangtua yang menyekolahkan anaknya di situ, maka sudah pasti berhasil pula citra positif yang dimiliki sekolah itu.

PERAN HUMAS

Berikut adalah peran humas yang perlu anda ketahui:

1. Membuat strategi komunikasi publik

Setiap bagian dari divisi humas akan dilengkapi dengan contact center untuk menerima keluhan dari audiens dan tempat publik bisa mengakses informasi yang lengkap tentang perusahaan.

2. Sarana marketing yang andal

Humas harus bisa kreatif dan bisa membuat strategi marketing yang menarik pelanggan. Jika strategi marketingnya sudah bagus dan baik, maka penjualan produk sebuah perusahaan akan meningkat dan citra positif perusahaan bisa diraih setelah itu. 

3. Menjangkau kegiatan

Humas profesional terkadang harus melibatkan diri dalam sebuah kegiatan dengan membawa brand perusahaan. Semakin banyak kegiatan yang diikuti, maka semakin bagus pula citra yang dimiliki oleh perusahaan. 

4. Mengelola keadaan darurat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline