Optimalisasi Tahapan Observasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Pengajaran dan Pengembangan Diri bagi Guru
Supervisi akademik merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh supervisor guna mendorong perbaikan mutu pengajaran yang dilakukan oleh guru secara profesional. Adanya supervisi bukan berarti supervisor ingin mengintimidasi kelemahan atau kekurangan guru yang dilakukan selama proses pembelajaran. Justru dengan supervisi akademik melalui tahapan observasi merupakan pendekatan efektif dalam mengevaluasi dari praktik pengajaran secara efektif. Dengan pemantauan dan umpan balik berdasarkan aksi nyata guru di kelas. Hal ini memiliki fungsi tidak sekadar sebagai bahan evaluasi tapi sebagai sarana bagi guru untuk meninjau kembali penguasaan kompetensi yang relevan dengan perkembangan zaman.
Adanya supervisi akademik memberikan ruang bagi guru untuk merefleksikan apa yang dilaksanakan dimulai dari tahap perencanaan, pra observasi, observasi, sampai dengan tahapan terakhir yakni pasca observasi dan tindak lanjut. Sebab dengan adanya kegiatan supervisi observasi memiliki tujuan yaitu meningkatkan kualitas pengajaran yang mendukung upaya yang dilakukan oleh guru setelah mendapat umpan balik dari supervisor.
Selain itu, penerimaan masukan yang positif dan konstruktif, dan upaya tindak lanjut sebagai bahan evaluasi diri guna mengupayakan praktik pengajaran yang benar-benar disusun yang berpihak pada murid. Dengan mengoptimalkan pendekatan tahapan observasi maka guru diberikan umpan balik yang efektif dalam pengajaran yang dilakukan sehingga nantinya sebagai refleksi dalam mengembangkan kualitas diri melalui pengembangan mandiri baik di PMM, webinar atau kegiatan bersama kombel sekolah, MGMP atau kegiatan lain yang relevan.
Tahapan Optimalisasi Observasi Supervisi
Hari ini saya berkesempatan diberikan amanah untuk menjadi supervisor. Melalui bekal ilmu penggerak setidaknya menguatkan langkah untuk berbagi dan belajar dari rekan sejawat. Adapun tahapan sistematis yang dilakukan supervisor untuk memastikan proses supervisi akademik pengajaran berjalan efektif dan memberikan dampak yang penting pada peningkatan mutu pengajaran. Adapun beberapa tahapannya meliputi
Tahap perencanaan
Pada tahap ini, guru menyusun rencana pembelajaran yang dikaitkan dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan dam perlengkapan administrasi lainnya sesuai kebutuhan.
Tahap pra observasi