Lihat ke Halaman Asli

Peluang Usaha dari Pertanian Tumpang Sari Pepaya dan Cabai

Diperbarui: 9 Agustus 2024   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto postingan di facebook akun Ivanri Dimas

Peluang Usaha dari Pertanian Tumpang Sari Pepaya dan Cabai

 

          Pertama kali saya melihat postingan teman yang ada di sosial facebook berdecak kagum. Konsep perpaduan dalam satu tempat ditanami dua macam yakni tanaman papaya dan cabai. Dalam dunia pertanian konsep tersebut telah lama dikenal dan telah terbukti efektif guna meningkatkan produktivitas lahan. 

Tumpang sari pernah dilakukan oleh keluarga dan cocok untuk dua tanaman yang ditanam pada lahan yang sama. Namun, kita perlu mempelajari terlebih dahulu tanaman mana yang cocok untuk dijadikan teknik tumpang sari agar nutrisi makanan yang dibutuhan tidak didominasi oleh tanaman satunya tapi keduanya seimbang.

          Dengan penerapan teknik ini tentu mempunyai keuntungan di antaranya mengurangi risiko gagal panen, mengoptimalkan pemanfaatan lahan, dan meningkatkan keanekaragaman hayati. Salah satu hal yang menarik yang patut dicoba yakni tumpang sari antara tanaman papaya dan cabai. Mengapa memiliki kedua komoditas tersebut? Padahal sistem tersebut bisa juga dipilihkan dengan jenis tanaman lainnya.

          Melalui inovasi yang dilakukan oleh petani setidaknya dapat meningkatkan produktivitas secara berkesinambungan. Hal ini sebagai peluang usaha yang patut diperhitungkan dan dicoba apalagi terbukti ada yang berhasil sehingga memberikan keuntungan yang dapat membantu pendapatan keluarga. 

Seperti kata pribahasa "Banyak jalan menuju Roma" ini berarti mengajarkan kepada kita bila satu usaha yang kita tekuni belum mendapatkan keuntungan masih banyak peluang yang patut dicoba. Jangan pernah takut gagal tapi dari kegagalan, kita belajar berbenah untuk menjadi sukses di masa depan dan menginspirasi kaum milineal.

          Lalu menjadi pertanyaan di benak mengapa memiliki dua komoditas tersebut padahal masih banyak komoditas lain yang bisa diterapkan tumpang sari? Buah papaya selain buahnya yang masak dapat pula dijual dalam keadaan mentah untuk sayur. Sementara untuk cabai adalah bahan kebutuhan yang diperlukan untuk makanan. 

Jika seseorang sudah terbiasa mengonsumsi cabai biar semahal apa pun harganya akan dibeli. Apalagi permintaan pembeli selalu meningkat, terkhusus bagi usaha makanan. Untuk itulah, usaha ini merupakan peluang besar yang patut diperhitungkan.

          Adapun keuntungan yang dapat diperoleh jika petani melakukan tumpang sari papaya dan cabai adalah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline