Lihat ke Halaman Asli

Pendekatan Terpadu untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Profiling Anak didik dan Proposal Hidup

Diperbarui: 29 Juni 2024   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber dokpri

Pendekatan Terpadu untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Profiling Anak Didik dan Proposal Hidup

Dua minggu ke depan liburan penilaian akhir semester genap akan berakhir. Kita akan disibukkan kembali dengan rutinitas seperti biasa. Apa yang kita lakukan tentu akan merancang dengan maksimalkan waktu liburan ini agar saat kembali masuk sekolah dan aktif kegiatan pembelajaran dapat optimal sesuai target yang direncanakan. Dari persiapan yang matang setidaknya akan direfleksi apakah masih ada kekurangan atau perlu penambahan sehingga apa yang diharapkan sesuai keinginan.

Setelah kita menganalisis hasil dari pencapaian penilaian lalu, tentu kita belajar dari kekurangan yang kita kerjakan dalam pembelajaran. Salah satunya yakni motivasi belajar murid. Ada apa dengan motivasi? 

Motivasi merupakan dorongan yang menimbulkan energi positif yang menggerakkan kemauan untuk bersemangat belajar. Dari kelemahan tersebut, tentu ada persiapan yang dilakukan sebagai guru agar proses pembelajaran ke depannya dapat menuntun laku murid menjadi lebih baik.

Berbekal pendidikan guru penggerak anggatan 11 yang baru saya ikuti tentang menebalkan laku murid dan terinspirasi dari salah satu narasumber pada sosialisasi membuat peta jalan Pendidikan IKN yang diselenggarakan oleh pemerintah otorita membuat pribadi termotivasi melakukan persiapan untuk merancang strategi awal sebelum pembelajaran materi dimulai. Hal ini dilakukan agar lebih mengenali murid secara mendalam sehingga memudahkan menentukan strategi dan pendekatan pembelajaran yang relevan.

Motivasi belajar merupakan faktor yang amat penting dalam meningkatkan kesuksesan akademik dan perkembangan pribadi murid. Namun, tidak semua murid memiliki motivasi belajar yang kuat apalagi konsisten. Sehingga untuk mengatasi tantangan ini diperlukan pendekatan secara terpadu yang merupakan penggabungan profelling murid dan pembuatan proposal hidup selama belajar dengan guru mata pelajaran yang diampunya. 

Semoga dengan kedua pendekatan ini dapat meningkatkan motivasi belajar murid secara efektif dan berdampak terhadap penyadarannya sehingga menumbuhkan karakter kemandiriannya.

Profiling Anak Didik

 Profiling merupakan proses mendalam yang dilakukan oleh guru guna memahami karakteristik unik setiap murid. Dalam pembuatan profiling dapat meliputi pengumpulan mengenai minat, bakat, gaya belajar, kekuatan, dan kelemahan murid. 

Melalui profiling setidaknya guru dapat beradaptasi melalui pendekatan belajar yang sesuai berdasarkan kebutuhan dan karateristik murid yang diajarnya. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai tanpa harus memaksakan murid sesuai keinginan guru tapi memberikan murid kebebasan dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan berbagai cara sesuai kemampuan yang dimiliki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline