Lihat ke Halaman Asli

Sentuhan Ibu Berpengaruh terhadap Kebiasaan dan Kreativitas Anak

Diperbarui: 15 Januari 2024   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi membaca buku.(Shutterstock) 

Sentuhan Ibu Berpengaruh terhadap Kebiasaan dan Kreativitas Anak

Perkembangan teknologi dan informasi membawa dampak pada semua bidang. Tak hanya dunia komunikasi, dunia literasi pun ikut menerima imbasnya. Jika dulu para penerbit membukukan dalam bentuk buku. kini telah merambah dengan memanfaatkan dunia digital. Sehingga pembaca lebih mudah mengakses melalui sebuah aplikasi dengan memanfaatkan jaringan internet. Dengan aplikasi, pembaca lebih mudah meminjam dan membaca kapan saja berdasarkan waktu yang dimiliki.

Perkembangan literasi digital merupakan suatu kemajuan di bidang literasi yang patut dimanfaatkan. Persoalan adalah minat membaca generasi sekarang tergolong masih rendah. Sehingga perlu dipacu agar minat baca tidak sekadar memenuhi tanggung jawab sebagai pelajar semata melainkan suatu kebutuhan akan hausnya ilmu pengetahuan.

Orang tua merupakan madrasah pertama yang diterima anak. Segala contoh dan tindakan orang tua menjadi teladan bagi anak. Gaya hidup orang tua menjadikan anak mengikuti sehingga wajarlah sebuah ungkapan mengatakan bahwa buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Hal ini berarti orang tua khusunya ibu memiliki peranan sangat penting dalam pembentukkan karakter/kebiasaan anak dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang ibu hendaknya jangan merasa bangga kepada anaknya yang tidak rewel. Anak biasa diberi gawai dan mengakses sendiri dunia internet melalui aplikasi tanpa pengawasan. Sementara ibu sibuk dengan dunianya sendiri. Lalu, ketika besar tinggal menyalahkan anaknya. Hal ini tentu suatu tindakan kurang bijak. Bukankah apa yang ibu lakukan akan menuai kebaikan di kemudian hari? Begitu halnya mengenalkan dunia literasi kepada anak sejak dini.

Orang tua khususnya ibu memiliki waktu yang banyak dibandingkan ayah. Dengan waktu yang banyak tentu dapat meluangkan waktu untuk mengajarkan dan mendidik buah hati agar tumbuh dan berkembang. Perkembangan anak perlu distimulus dengan baik agar karakter dan keterampilan hidup dapat tumbuh. Sehingga anak telah terbiasa membaca tanpa adanya paksaan. Mereka terdorong dengan mengetahui manfaat membaca itu sendiri.

Lalu, sentuhan ibu apakah yang mampu berpengaruh terhadap kebiasaan dan kreativitas anak khusunya membaca? Ya, tentu sangat berpengaruh. Sebagai orang yang dekat dengan anak tentu segala tindakan dan didikan mampu berpengaruh terhadap kepribadian anak. Di bawah ini akan disampaikan tips bagaimana sentuhan ibu dapat berpengaruh terhadap kreativitas anak, di antaranya

Pertama, orang tua khususnya ibu hendaknya mempersiapkan diri sebagai orang tua berupa wawasan. Persiapan ibu berupa pengetahuan dasar tentang dunia literasi dan perjenjangan buku yang mesti dibaca oleh anak. Selain itu, orang tua khususnya ibu  lebih memahami dunia psikologi anak sehingga mudah mengarahkan anak berdasarkan perkembangan anak tanpa mengurangi sedikitpun hak anak untuk bermain.

Kedua, seorang ibu hendaknya mengenalkan anak dunia literasi digital dan nondigital. Sehingga anak dapat mengetahui dan mengakses sesuai kebutuhan. Dengan pengenalan fitur-fitur dan cara membaca literasi digital. Maka, anak lebih mudah menggunakan aplikasi itu sendiri dan manfaat yang diperolehnya. Sehingga pengetahuan dasar merupakan bekal anak mudah mengakses aplikasi tanpa harus bertanya terus kepada ibu.

Ketiga seorang ibu hendaknya meluangkan waktu untuk mengajarkan dan membimbing sejak balita baik itu bacaan secara langsung, menceritakan dongeng, kegiatan membaca bersama, hingga membuat sebuah permainkan setelah kegiatan membaca. Hal ini sangat penting guna menanamkan kebiasaan membaca kepada anak. Anak yang telah terbiasa akan merasa ada yang kurang bila tidak melakukannya. Apalagi itu sudah menjadi kegiatan rutin membaca.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline