Lihat ke Halaman Asli

Kepoin yuk program Ramadhan HISAM ala SDN 6 Suwawal

Diperbarui: 14 April 2022   23:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu Program Ramadhan HISAM SDN 6 Suwawal

Oleh : Suciati Cahyaningrum

NIM. 191330000400

Mahasiswi PGSD UNISNU Jepara

Kegiatan pembelajaran selama bulan Ramadhan ini tentu akan menjadi lebih semarak apabila sekolah tidak hanya menyajikan pembelajaran reguler saja tetapi sekolah juga harus punya gebrakan agar memiliki peserta didik yang tidak hanya unggul dalam akademik tapi juga dalam ibadahnya. Saya ingin mengajak pembaca mengintip program Ramadhan HISAM yang dimiliki oleh SDN 6 Suwawal. 

Sebagai gambaran awal SDN 6 Suwawal terletak di Jalan Raya Jepara- Bangsri Km.7 merupakan sekolah negeri yang memiliki siswa sejumlah 225 anak, 11 rombongan belajar dan 16 guru dan tenaga pendidik.

Sekolah yang mempunyai banyak prestasi ini tentu mempunyai berbagai program unggulan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua agar dapat menjaring siswa nantinya salah satunya program Ramadhan HISAM.

Menurut narasumber Ibu Enny Nuryatie, S. Pd. SD selaku Kepala Sekolah SDN 6 Suwawal, untuk tahun ini sekolah mempunyai program yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu Program HISAM “Hafalan, Iqro, Sholat, Asmaul Husna dan Mari berbagi”. Ada tambahan hafalan surat-surat pendek bagi siswa kelas 3-6 yang nantinya akan diperlombakan pada akhir bulan Ramadhan. 

Program belajar iqro’ bagi siswa kelas 1-2. Program mari berbagi berupa amalan shodaqoh mingguan yang nantinya uang tersebut diberikan kepada siswa yang kurang mampu, anak yatim/piatu pada akhir Ramadhan. Program ini mendapat antusias dari guru, siswa dan orang tua. Diharapkan dapat berjalan dengan baik dan dapat menjadi ajang mencari siswa berprestasi.

Selama bulan puasa kegiatan pembelajaran dimulai pukul 07.30-10.00 WIB bagi kelas rendah dan 07.30-11.00 WIB bagi kelas tinggi. Tiap pagi siswa berjejer di depan kelas masing-masing membaca asmaul husna bersama. Setelah itu jam kegiatan pembelajaran seperti biasannya sesuai jadwal. Diselingi dengan kegiatan mengaji, menghafal surat pendek atau sholat dhuha di musholla sesuai jadwal kelas masing-masing. Program mari berbagi digalakkan setiap hari senin dimana siswa menyisihkan sebagian uang saku untuk berbagi sesama sebagai bagian dari pembelajaran shodaqoh.

Program ini dicetuskan oleh guru PAI SDN 6 Suwawal yaitu Ibu Kholifah, S. Pd. I yang dalam kegiatan Ramadhan HISAM ini selalu memantau jalannya program tersebut. Sebelumnya, kegiatan Ramadhan hanya terpaku pada buku kegiatan Ramadhan saja yang berupa LKS. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline