Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan peletak dasar pertama dan utama dalam pengembangan pribadi anak, baik berkaitan dengan karakter, kemampuan fisik, kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, spiritual, disiplin diri, konsep diri, maupun kemandirian dan panca indra. PAUD memegang perananyang sangat penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, karena merupakan fondasi bagi dasar kepribadian anak. PAUD sangat menentukan kesuksesan seseorang di masa depan, bagaimana seseorangmerespon
berbagai permasalahan yang dihadapi dalam setiap langkah kehidupan sangat ditentukan oleh pengalaman dan pendidikan yang diperolehnya pada saat usia dini.
PAUD ini terletak di desa karang anyar, kecamatan lawang wetan kabupaten Musi Banyuasin. PAUD ini berdiri pada tahun 2011 yang dimana tujuan utama PAUD ini adalah mensejahterahkan anak- anak usia dini di daerah sekitar.
Model evaluasi CIPP merupakan suatu model evaluasi yang menggunakan pendekatan yang berorientasi pada manajemen (management oriented evaluation approach) atau disebut sebagai bentuk evaluasi manajemen program (evaluation in program management).
Berikut evaluasi program dengan menggunakan model CIPP di PAUD di desa karang anyar :
1. Conteks Evaluation (Evaluasi Konteks)
Evaluasi konteks ingin digunakan untuk melihat kebutuhan yang ada dilapangan. Evaluasi konteks dalam hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyediaan layanan PAUD.
Berdasarkan wawancara dengan ibu kepala sekolah dan observasi lapangan ke PAUD langsung. Masyarakat tidak turut serta berperandalam penyediaan layanan PAUD.Adapun dalam konteks dana bantuan yang diberikan pemerintah daerah maupun desa untuk mendukung penyediaan layanan PAUD di desa Karang Anyar belum dapat dirasakan oleh semua lembaga dikarenakan untuk mendapatkanb antuan baik sarana prasarana maupunn antuan keuangan lainnya haruslah lembaga PAUD yang sudah memiliki izin dan terakreditasi. Peran pemerintah sangat lah penting untuk mengatasi hal tersebut.
2. Evaluasi masukan (input), merupakan evaluasi yang bertujuan menyediakan informasi untuk menentukan bagaimana menggunakan sumber daya yang tersedia dalam mencapai tujuan program, baik ditinjau dari personel program peminatan, peserta didik, anggaran dana, struktur organisasi, serta fasilitas sarana dan prasarana.
Sumber daya atau tenaga pendidik di PAUD ini sudah cukup baik untuk mendidik anak usia dini, kemudian peminatan masyarakat untuk memasukkan anak ny ke PAUD ini sudah cukup baik, dan untuk lebih optimal pihak sekolah bisa menyebarkan brosur ketika penerimaan peserta didik baru. Selanjutnya yaitu peserta didik PAUD ini sudah maksimal yaitu dapat meluluskan anak-anak untuk siap masuk ke jenjang Pendidikan Sekolah Dasar dan mempunyai bekal ilmu. Anggaran dana PAUD ini belum secara maksimal seperti masih kurangnya sarana dan prasarana di sekolah PAUD ini yaitu di lapangan cuma tersedia ayunan untuk anak bermain.