Lihat ke Halaman Asli

Irama dan Melodi

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

IRAMA

Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar musik dan tari (Jamalus, 1989). Selanjutnya Jamaluh menyatakan irama dalam musik terbentuk dari sekelompok bunyi dan diam dengan bermacam-macam lama waktu panjang pendeknya, membentuk pola irama, bergerak menurut pulsa dalam ayunan birama.

M. Soeharto (1986) menyatakan irama sebagai gerak yang teratur, dimana irama selalu mengikuti jalan melodi. Akan tetapi irama akan tetap berjalan walaupun meodi berhenti, sampai lagu berhenti. Jadi jika kita perhatikan irama dapat berjalan tanpa adanya melodi (tinggi rendah), irama bergerak berdasar keajegan gerak, keteraturan gerak dengan panjang dan pendeknya ayunan. Ayunan pulsa tersebut terbingkai dalam satu satuan birama. Irama merupakan gerak musik yang berjalan teratur yang tidak tampak dalam lagu, tetapi dapat dirasakan sesudah lagu dialunkan. Irama berkaitan erat dengan panjang pendek not dan berat ringannya aksen (tekanan) pada not. Oleh karena itu kemahiran dalam membaca tanda diam sama pentingnya dengan membaca not.

Dalam praktek musik kita sering jumpai notasi musik yang nampaknya tidak lazim, akan tetapi demi tercapainya harmoni lagu notasi harus berharga sesuai tuntutan harmonisasi lagu. Not tersebut antara lain yaitu duol, triool, kwartool, kwintool, legato dan legatura.

Pengembangan konsep musik pada anak salah satunya adalah untuk mengembangkan konsep rasa irama. Rasa dapat dilatih melalui membaca notasi irama. Latihan dapat dikembangkan secara perlahan sesuai tempo dan taraf kesulitan tempo serta pola irama.

Pulsa adalah rangkaian denyutan yang datang secara berulang dan teratur yang dapat dirasakan dan dihayati dalam musik. Pulsa dapat pula terdengar atau kelihatan (Jamalus, 1989). Ketukan yang dapat didengar disebut ketukan (beat). Pulsa dapat bergerak cepat, sedang dan lambat. Kecepatan jarak waktu bergerak pulsa ditentukan oleh satuan-satuan pulsa dan tempo yang digunakan. Tempo adalah pernyataan cepat lambatnya lagu, instrumen atau vokal (Atan Hamdju, 1989). Tempo dapat diukur dengan menggunakan Metronom Maelzel, yaitu alat yang berbentuk piramida dengan petunjuk jarum yang dapat bergerak bolak balik di muka sebuah skala (Atan Hamdju, 1989:91). Untuk menyetel cepat dan lambatnya dengan cara menggeserkan besi yang ada pada jarum ke atas atau ke bawah. Metronom ditulis dengan M.M. di atas kiri lagu beserta tanda tempo.

Birama atau metrum atau maat adalah ketukan-ketukan (tekanan-tekanan) yang datang berulang-ulang dengan teratur dalam waktu yang sama (Atan Hamdju, 1989:26). Berdasar birama dapat dibedakan atas jenis-jenis birama yaitu birama binair(genap), ternair(ganjil), birama menyimpang dari binair dan tenair, birama gantung. Penulisan tanda birama diletakkan sebelah kiri atas lagu dilanjutkan nada dasar lagu tersebut. Notasi birama terdiri dari tanda birama, ruas birama, garis birama, dan garis penutup.

Pola irama ialah sekelompok bunyi dengan susunan irama tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu.

Membirama berarti memimpin atau memberi aba-aba kepada segenap orang untuk menyajikan musik atau menyanyi bersama. Gerakan atau aba-aba dapat dilakukan hanya dengan tangan atau dibantu tongkat. Dirigen memiliki peran penting dalam kegiatan musik bersama agar tiap komponen musik tidak berjalan sendiri-sendiri sehingga menghasilkan karya seni musik yang kompak, indah dan harmonis.

MELODI

Melodi merupakan unsur pokok musik yang senantiasa menjadi pusat perhatian pemerhati dan penikmat musik, terutama pemula. Hal ini terjadi karena orang bernyanyi atau bersenandung senantiasa menghasilkan melodi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline