Lihat ke Halaman Asli

Suciana Lugitasari

mahasiswa ilmu pemerintahan FISIP Universitas Muhammadiyah Malang

Pemanfaatan Lahan Kosong Penanaman TOGA oleh PMM UMM bersama Anak Panti Asuhan As Saalam Shobuur

Diperbarui: 15 Desember 2021   18:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 35 gelombang 15 bersama Anak Panti Asuhan As Asaalam Shobuur melakukan Penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dengan  Pemanfaatan Lahan Panti Asuhan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan anak-anak panti untuk mengetahui pentingnya TOGA didalam kehidupan sehari-hari. TOGA sendiri memiliki banyak macam-macamnya seperti  jahe, laos, binahong, kencur, kunyit, sirih, temulawak dll.

TOGA biasannya ditanam disebidang tanah baik di halaman, pekarangan, atau di kebun yang dimanfaatkan untuk menumbuhkan tanaman yang berkhasiat obat dalam upaya memenuhi kebutuhan obat keluarga. 

TOGA mempunyai manfaat sebagai upaya kesehatan preventif (pencegahan penyakit), promotif (peningkatan derajat kesehatan), kuratif (penyembuhan penyakit), dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan). 

TOGA mempunyai manfaat sebagai mendukung menciptakan kesehatan dan kesejahteraan keluarga antara lain sebagai sarana untuk (1) memperbaiki status gizi keluarga, (2) menambah penghasilan keluarga, (3) meningkatkan kesehatan lingkungan pemukiman, (4) melestarikan tanaman obat dan budaya bangsa.

Kegiatan penanaman  ini juga diupayakan untuk meningkatkan pembudidayaan  TOGA di masa era new normal saat ini. Selain banyak  berbagai macam TOGA manfaat yang didapat dari TOGA juga sangat banyak, salah satunya untuk meningkatkan imunitas pada tubuh dan menjaga kesehatan. 

Kegiatan ini dilaksanakan mengingat bahwa saat ini bibit TOGA sangat sulit di dapatkan, harapan kami masyarakat panti bisa memanfaatkan dan membudidayakan tanaman yang di berikan.

Pada kegiatan penanaman TOGA ini antusias anak-anak panti sangat semangat, meskipun anak-anak belum begitu tau tentang manfaat TOGA ini tetapi setelah dilakukan penanaman diharapkan anak-anak menjadi paham dari TOGA yang merupakan obat alami tradisional dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Kegiatan  penanaman TOGA ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat untuk obat-obatan atau jamu.

Oleh PMM UMM Kelompok 35 Gelombang 15




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline