Lihat ke Halaman Asli

Suci Wahyuni

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)

Mengupas Gaya Kepemimpinan 7 Presiden di Indonesia

Diperbarui: 30 Oktober 2021   20:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : media-karya.com

Sebelumnya tulisan ini ditujukan dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Kepemimpinan dan Berpikir Sistem Kesehatan Masyarakat yang diampu oleh ibu Susilawati, SKM., M.Kes. Ditulis oleh Suci Wahyuni mahasiswi semester tiga Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Gaya kepemimpinan merupakan manifestasi dari perilaku seorang pemimpin, yang mempengaruhi kemampuannya untuk memimpin. Manifestasi ini biasanya membentuk pola atau bentuk tertentu. Gaya kepemimpinan yang secara langsung atau tidak langsung menunjukkan kepercayaan diri seseorang terhadap kemampuan bawahannya. 

Artinya gaya kepemimpinan merupakan suatu perilaku dan strategi, yang dihasilkan dari perpaduan antara filosofi, keterampilan, sifat, sikap, yang sering diterapkan oleh seorang pemimpin ketika berusaha mempengaruhi kinerja bawahannya, bebas dan birokratis. 

Selanjutnya akan kita "kupas" mengenai gaya kepemimpinan dari tiap-tiap ketujuh presiden Indonesia berikut ini :

1.      Presiden Ir. H. Soekarno (1945-1967)

Beliau adalah seorang pemimpin yang kharismatik, mampu menggerakkan banyak orang, mempengaruhi dan berbakat dalam diplomasi. Hal ini membuat beliau semakin dikenal tidak hanya di Indonesia tetapi di negara lain sebagai tokoh nasionalis dan anti-kolonial. Beliau sangat mahir mengubah penampilan orang lain, persepsi dan mampu membuat murid-muridnya mengikuti perintah dan keinginannya. 

Beliau mampu membakar pikiran semua orang dan menginspirasi mereka semua untuk berani melakukan apapun yang mereka inginkan. Selain itu, beliau dikenal sebagai orang yang berwatak eksplosif, namun mampu menularkan semangat agungnya kepada orang lain. Dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinannya merupakan gaya dari gaya kepemimpinan yang kharismatik dan otoriter.

2.      Presiden Soeharto (1967-1998)

Pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, pemerintahannya dikenal dengan era Orde Baru. Ciri-ciri kepemimpinan Presiden Soeharto yang baik dan penting adalah keberanian, kesederhanaan, dan kemampuan mengambil inisiatif dan mengambil keputusan, serta konsisten dengan semua keputusan yang diambil. 

Beliau digambarkan sebagai pemimpin yang otoriter dan kurang demokratis yang selalu memerintah dan perintahnya harus dilaksanakan dengan cepat dan mengutamakan keamanan dan kelangsungan hidup nasional. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline