Lihat ke Halaman Asli

SUCI UJIANI

Mahasiswa S1 RPL Universitas Diponegoro

Mahasiswa S1 RPL UNDIP Adakan Edukasi di Posyandu Mawar Kelurahan Sudimara Pinang RT 3/6 Kota Tangerang

Diperbarui: 7 Februari 2022   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Edukasi ke Masyarakat tentang penyakit tb paru di Posyandu Mawar Sudimara Pinang rt 3/6 Kota Tangerang oleh Mahasiswa S1 RPL UNDIP./Dokumentasi pribadi

Tangerang (26/01/2022), - Mahasiswa S1 RPL UNDIP melakukan edukasi kepada masyarakat wilayah Posyandu di Kelurahan Sudimara Pinang Kota Tangerang dalam rangka KKN (Kuliah Kerja Nyata) sekaligus salah satu bentuk promosi kesehatan kepada masyarakat tentang TB Paru yaitu tentang gejala TB Paru, penularan, dan pencegahan penyakit TB Paru pada tanggal 10 Januari 2022 di Posyandu Mawar, Kelurahan Sudimara Pinang rt 3/6 Kota Tangerang. Tujuan KKN adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tb paru dan bagaimana mencegah penularan tb paru.

“ Penyakit TB Paru sebenarnya penyakit menular yang sama berbahaya dan cepat penularannya seperti covid19. Penularan TB paru bisa secara cepat melalui udara dan penularan lebih cepat dari droplet pasien yang sudah terinfeksi ke orang yang sehat melalui udara. Kasus TB paru ini berdampingan dengan kasus covid 19, karena langsung berhubungan dengan jalur pernafasan dan bisa berlanjut ke organ paru manusia.” Begitu penjelasan dari Suci Ujiani mahasiswa S1 RPL UNDIP.

Dengan demikian diperlukan edukasi ke masyarakat tentang penyakit tb paru agar masyarakat memahami tentang penyakit tb paru dan penularannya sehingga bisa menekan angka kesakitan pada penderita tb paru. Selain itu tb paru bisa diakibatkan dari kondisi rumah yang tidak sehat seperti kurangnya ventilasi dan pencahayaan pada rumah tersebut. Kuman tb paru lebih menyukai berada di ruangan yang udaranya lembab dan ruangan yang kurang cahaya matahari.

Salah satu upaya pencegahan tb paru adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rumah, yaitu menjaga agar cahaya masuk ke dalam rumah dan menjaga sirkulasi udara tetap lancar agar rumah tidak lembab. Hal ini yang harus dipahami oleh masyarakat sehingga kasus tb paru bisa segera diatasi.

Mahasiswa RPL S1 UNDIP

Dosen Pembimbing : Suci Ujiani (25000121183390)

Dosen Pendamping : Nikie Astorina Yunita Dewanti, SKM., M.Kes

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline