Lihat ke Halaman Asli

BALAI PEMASYARAKATAN MAGELANG

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM JAWA TENGAH

Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Magelang Melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan kepada Penjamin Narapidana dari Lapas Narkotika Purwokerto

Diperbarui: 11 April 2022   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri


Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Gunawan Sidik mengunjungi keluarga narapidana di desa Prapaglor Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo (11/04). Kunjungan ini bertujuan melakukan Penelitian Kemasyarakatan (litmas) untuk keperluan Pembebasan Bersyarat narapidana yang saat ini dipidana di Lapas Narkotika Purwokerto. 

Narapidana yang tersangkut kasus penggunaan sabu-sabu itu menunjuk ibu kandungnya sebagai penjamin dirinya jika ia mendapat program Pembebasan Bersyarat (PB).Kegiatan ini didasari oleh surat Kepala Bapas Purwokerto nomor W.13.PAS49.PK.01.04.03-856 tentang Permohonan Pembuatan Litmas untuk Perencanaan Program Re-Integrasi Pembebasan Bersyarat. 

Sebelumnya, PK Bapas Purwokerto telah menggali informasi terhadap narapidana tersebut di Lapas Narkotika Purwokerto. Informasi yang digali di antaranya adalah perubahan perilaku dan kemungkinan risiko pengulangan pelanggaran hukum pada narapidana.

Kali ini PK Bapas Magelang menemui penjamin untuk mencari informasi tentang kesiapan menerima narapidana jika mendapatkan PB. Kesiapan itu antara lain kesanggupan ibu narapidana yang menjamin anaknya tidak akan melarikan diri. Selain itu, digali informasi apakah penjamin juga sanggup membantu dalam membimbing dan mengawasi narapidana selama menjalani PB.

"Saya akan mengawasi dan menasihati anak saya itu. Kasihan cucu saya yang ditinggal bapaknya lama dipenjara", kata penjamin kepada Pembimbing Kemasyarakatan. Anak dari narapidana tersebut saat ini tinggal bersama neneknya (penjamin).  

Setelah mengunjungi penjamin, Pembimbing Kemasyarakatan menemui Kepala Desa Prapaglor untuk mencari informasi tentang penerimaan masyarakat dan pemerintah Desa Prapaglor jika narapidana mendapatkan PB.

 Kepala Desa Prapaglor, Heti Kusnani, beberapa perangkat desa dan Ketua RT 1, dimana narapidana bertempat tinggal, yang saat itu ada di kantor desa memberi informasi bahwa narapidana tidak memiliki masalah dan perselisihan dengan masyarakat desa. Kepala Desa Prapaglor juga bersedia membantu akan membimbing narapidana menjadi masyarakat yang taat hukum selama menjalani program PB.

Selanjutnya penelitian kemasyarakatan ini akan dibahas dalam sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) Bapas Magelang. Sidang TPP akan merumuskan rekomendasi yang terbaik untuk narapidana, masyarakat, dan keluarganya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline