Lihat ke Halaman Asli

Triono

Wirausaha

Paseban Alun-alun

Diperbarui: 20 November 2023   11:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

FOTO Paseban dan Suasana Alun-alun Kota Buleleng: Dokpri@D93

Turun dari ketinggian permukaan 1.031 m sama dengan 3.383 ft Danau Kawah Vulkanik Bedugul kami memutuskan untuk menerobos putihnya kabut puncak gunung demi merasakan suasana senja di jarak sepelemparan batu dari Banjar Jawa yang sudah terjadwal sebelumnya. Sore itu begitu banyaknya orang yang mempunyai niat yang sama: bersama keluarga kecilnya, teman-teman seangkatan kuliah dan lintas generasi menyatu di rerumputan hijau lapangan. 

Memori kami tiba-tiba kembali ke jaman masih sekolah di salah satu smp di Kota Sidoarjo dulu, di kedekatan jarak pandang kami menunggu giliran main olahraga raket, nampak bangunan Paseban yang sama persis bentuk dan tata ruang dengan luasan halaman didepanya ada satu club semacam sekolah olahraga mirip karate atau yang lagi ngetren saat ini olahraga tarung derajat mungkin, saya belum sempat menanyakan ke salah satu pesertanya karena disaat yang sama ada mahasiswa dari Fakultas Seni Universitas ternama di Singaraja lagi ada tugas mata kuliah dari Dosen untuk membaur dan ikut terlibat didalam lapangan hijau. 

Mereka menanyakan sekaligus menaruh harapan kepada kita semua kebetulan saya mencoba mewakili sedikit orang yang hadir, semoga: argumen, pemahaman dan saran saya ini bisa bermanfaat bagi tugas kuliah mahasiswa tersebut. 

Mereka Bertanya kepada saya ada dua: yang pertama harapan dan masa depan Indonesia seperti apa dan menurut pendapat saya terkait dampak negatif dari pampers?". 

Dengan disiplin Ilmu yang saya punyai dan sepengetahuan saya selama ini, masa depan Indonesia adalah IKN, di IKN lah pembangunan Kota berkelanjutan mempunyai tujuan demi kesejahteraan masyarakat ber Bangsa dan ber Negara supaya menjadi adil, makmur sentosa selamanya; Serta pendapat dan argumen saya selanjutnya didalam suatu produk pampers ada satu kandungan bahan yang berupa jelly, apabila jelly tersebut larut dalam air terutama dilautan akan berdampak ke biota laut atau ikan yang ada didalamnya bisa menyebabkan kemandulan atau susah berkembang biak mendapatkan keturunan setelah memakan jellynya, polusi lainnya dari sebagian bahan pampers bisa menimbulkan mikroplastik juga didasar lautan sehingga berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan berikut terumbu karangnya. 

Satu hamparan ini ternyata kita bisa saksikan juga beberapa cabang olah raga yang tidak kalah menariknya seperti layaknya di stadion: ada arena jalan kaki yang memutari lapangan, arena panjat tebing nan terjal, bola kaki, bola volly dan olah raga raket. 

Semoga suatu saat kelak ada satu pertunjukan disini dengan semangat kolaborasi dimasing-masing kesatuan cabang olah raga bisa bersatu dalam satu kegiatan untuk menjadikan tontonan sekaligus prestasi di tingkat global. 

Kami pun sebagai penikmat lapangan ini disuguhkan dengan kegiatan yang menarik dan bisa lama-lama di Alun-alun Buleleng dan yang terpenting ekonomi bagi umkm masyarakat sekitar bisa tumbuh pesat sama halnya yang sudah kami lihat di puncak gunung tadi dimana penataan kawasan umkm setahun lalu belum serapi ini serta menjadi hal yang utama untuk menuju naik kelas karena tanpa peran umkm pandemi tahun kemarin tidak akan sirna. Semoga bermanfaat, Salam sehat selalu.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline