Lihat ke Halaman Asli

Subhanf Jri

Mahasiswa

kunjungan Ilmu Komunikasi ke AirAsia

Diperbarui: 27 Mei 2024   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hari selasa, tanggal 21 Mei 2024, universitas Muhammadiyah Jakarta, fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik tepatnya program studi Ilmu Komunisasi berkunjung keperusahaan AirAsia yang berada di bandara Soekarno Hatta, banten. Kami berkunjung kesana atas dasar belajar dan mencari tau tentang Publik Relations AirAsia, apa saja yang mereka lakukan, dan bagaimana mereka menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada AirAsia.

Kami melakukan visit dengan PR AirAsia tersebut, dengan memberikan materi tentang AirASia, menjelaskan bagaimana AirAsia beraktivitas dalam sehari-hari, dan kami juga melakukan tour yang dimana kami di ajak untuk bertemu kepada capt-capt pilot AirAsia, kelas pilot dan bebrapa kelas pramugari dan pramugara AirAsia. Narasumber dalam AirAsia (mas ageng ) itu juga menceritakan beberapa kejadian atau tragedi dalam beberapa pesawat, maupun krisis yang datang dari public yang mengancam perusahaan tersebut. Dan pada kunjungan itu juga kami mengtahui bawasannya Perusahaan AirAsia hanya satu di Indonesia yaitu hanya di bandara Soekarno Hatta tersebut dan di malaysia.

Perusahaan tersebut juga membuka lowongan untuk mahasiswa dalam magang di PT AirAsia tersebut, AirAsia merupakan perushaan mascapai yang dimana perusaan tersebut tidak hanya berada di negara ini saja, atau sering sekali bertemu dengan orang asing, maka dari itu bekerja di mascapai ini sangat penting menguasai berberapa bahasa, terutama baha inggris. Dalam kunjungan tersebut semua materi yang di paparkan melalui PowerPoint ini semua dengan bahasa inggris. Dalam kunjunga tersebut kami juga bermain-main asyik dengan beberapa pramugari dan pramugara yang membantu dalam visit tersebut, memperkenalkan diri, bermain hingga mendapatkan hadiah dari AirAsia atau doprice.

Dalam kunjungan tersebut kami banyak belajar bagaimana AirAsia mengatasi masalahnya, krisisnya dan mengatur strategi apa yang harus mereka lakukan untuk membangun kepercayaan publik yang telah menganggap AirAsia buruk, Karna perusahaan AirAsia merupakan perusahaan maskapai yang setiap harinya memebawa ratusan bahkan ratusan nyawa. Kami belajar banyak mengenai Publik Relations yang berada didalam perusahaan, dan ternyata memang benar sebuah crisis akan pasti terjadi pada suatu perusahaan, mau itu perusaan kecil maupun besar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline