Lihat ke Halaman Asli

Subhanf Jri

Mahasiswa

Kegiatan Pekan Himpunan Mahasiswa Komunikasi: Universitas Muhammadiyah Jakarta ( PH UMJ )

Diperbarui: 25 Juni 2023   18:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TalkShow ; UPGRADE YOUR SJILL FOR SOCIETY 5.0

Pada jumat 16 - 18 juni 2023 di adakan nya kegiatan PH ( Pekan Himakom ). Yang dimana kegiatan tersebut di lakukan sebagai penutu proker ( program kerja ) dari pengurus HIMAKOM tahun ini ( himakom angkatan 20 ), karna pada juli nanti semua pengurus HIMAKOM akan di ganti oleh angkatan HIMAKOM 21. Sebenarnya pekan himakom ini di adakan nya sebagai merayakan hari ulang tahun himpunan komunikasi, tetapi karna adanya pergantian pengurus pada bulan juli nanti, maka dari itu PH tersebut di gantikan sebagai penutupan program kerja pengurus tahun ini.

Pekan himakom ini sebagai kegiatan/acara rutin setiap setahun sekali, kegiatan ini seperti turun menurun dari angkatan yang membangun himpunan ini, maka dari itu sampai pada tahun ini kegiatan tersebut masih di lakukan khusus nya kepada anggota himakom tahun ini. Event ini memiliki beberapa panitia dalam mengurus kegiatan ini, terbagi ada 8 divisi, 1 ketupel, 1 bendahara , 1 sekretaris,yaitu, divisi acara, perlengkapan, sponsor, PDD, keamanan, konsumsi, humas dan danusan. Setiap divisi memiliki beberpa anggota yang dimana anggota tersebut dari anggota himakom yang aktif, dari sekian banyak anggota himakom yang aktif tetapi hanya ada 60 anggota yang mengikuti kepanitian dalam event tersebut. Tetapi itu tidak menjadi permasalahan bagi panitia pelaksana, buktinya event tersebut berjalan sangat lancar.

PH ini mempunyai tema yaitu, membantu UMKM Indonesia menjadi usaha besar internasional seperti perusahaan yang ada di wall street america. Tema tersebut yang bertujuan untuk mengangkat industri dan digitalisasi bersama kaun muda upaya mereduksi tuna karya dalam modernisasi. Event ini berjalan selama 3hari dengan konsep yang berstuktur rapih. Di hari pertama event ini di lakukan di berbagai temapt yang berada di universitas muhammadiyah Jakarta yaitu FH ( fakultas hukum ), GP ( green park ), plazza fisip ( depan fakultas fisip ), yang dimana akan di adakanya pameran komunikasi , talkshow yang bertempat di FH, ada lomba/tournamen ML ( game ) yang berada GP, tournamen ini di buka seacara gratis oleh panitia dan umum dan ada juga bazzar yang berada di plazza fisip, sebenarnya bazzar ini seudah di buka 2hari sebelumnya, karna hanya untuk pemancing mahasiswa/i agar mereka tahu bawasannya akan ada event. Pada hari pertama talkshow di isi oleh anak ilmu komunikasi aktif, ibu KAPRODI FISIP  UMJ dan bapa wali kota tanggerang serta staff-staffnya. Kalau bazzar yang berada di plazza fisip itu ada beberpa stand yang di isi oleh sponsor dan danusan kepanitiaan. Sedang kan tornamen game yang berada di green park di lakukan oleh panitia penanggung jawab dan 32 peserta baik dari luar kampus atau dalam kampus. Dan tidak hanya itu ada juga beberapa lomba seperti cipta puisi, membuat opini yang bertema UMKM, karna memang acara ini berifat external/umum.

Di hari kedua event ini hanya melanjutkan dari hari pertama yang belum selesai, hanya talkshow saja yang sudah tidak ada dan hanya bazzar san tournamen game saja. Di hari kedua ini memang keliatan agak lebih santai padahal di hari kedua ini di bagi beberapa PJ ( penanggung jawab ), ada yang mengurus tournamen, ada yang menjaga bazzar dan ada juga yang mempersiapkan untuk hari ke tiga. setelah acara di hari kedua selesai, seluruk panitia pelaksana tidak ada yang langsung pulang dan tidak ada juga evaluasi di hari ke dua ini, seluruh panitia menyiapkan semua untuk di hari ketiga ini, menyiapkan konsep bazzar terletak dimana, menyiapkan parkir untuk bintang tamu dan penonton, menyiapkan claer area dan mendekor area yang ingin di gunakan untuk hari ke3.

Di hari ke3 tepatnya penutupan dari acara tersebut, di hari ke3 ini banyak konsep yang di lakukan, seperti adanya bazzar, pameran komunikasi, pengumuman pemenang lomba, penampilan band regist, dan penampilan guest star. Di hari ke3 ini seluruh panitia di harapka untuk datang lebih awal,itu pun karna adanya sanksi dari divisi keamanan yang membuat mereka tidak telat untuk datang lebih awal. Pada hari terahir ini beberpa panitia menyiapkan semua dari mempersiapkan bazzar, mempersiapkan panggung dan mendekor nya, dan mengeclear area untuk tempat istirahatnya bintang tamu. Dari siang beberapa band yang ingin tampil mempersiapkan dirinya dan cek sound terlebih dahulu, opening di lakukan dengan mengumumkan beberapa pemenang lomba dan di lanjut beberapa band dari kampus tampil. Acara ini di lakukan sangat lancar sampai jam 23.30. di perfom terakhir yang  di tampilkan yaitu dj, semua penonton maupun panitia berkumpul di depan panggung untuk menyenangkan dirinya kalau diri nya telah berhasil membuat sebuah event. Semua panitia langsung melakukan evaluasi dari jam 12.00 malam sampai jam 03.45 pagi, setelah itu panitia melakukan oprasi semu ( bersih bersih ) tempat yang telah  di gunakan, di karnakan itu sudah memasuki hari senin, jadi hanya ada beberapa panitia yang melakukan oprasi semut sampai selesai.

PENAMPILAN GUEST STAR 

Menurut saya pribadi acara ini berjalan secara lancar karna berkat panitia yang rajin,gesit, kreatif dan pantang cape. Tetapi di event ini masih banyak kekurangan dalam melakukan konsep konsep yang telah di buat, mungkin dari kinerja pribadinya yang masih main tunjuk menunjuk, maka dari itu event ini suatu pembelajaran bagi kita yang melaksanakan dan menjalaninya.

Subhan Fajrian

Subhanfajrianf@gmail.com

Fakultas Ilmu Komunikasi

Universitas Muhammadiyah Jakarta




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline