Lihat ke Halaman Asli

Subhan

Guru

Best Practice Menggunakan Metode STAR "Penerapan PjBL meningkatan Pemahaman Peserta Didik"

Diperbarui: 19 Agustus 2023   00:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Rangkaian Listrik Sederhana Secara Seri

 

Ringkasan

Proses Pembelajaran yang dilakukan di kelas masih konvensional serta didominasi oleh metode ceramah berpusat dan belum maksimal penggunaan TPACK. Tantangan yang dihadapi dalam proses pelaksanaan praktik ini adalah kurangnya sarana dan prasrana di sekolah, pengetahuan guru masih rendah terkait pembelajaran inovatif dan belum membiasakan diri memanfaatkan sarana teknologi. 

Sehingga guru mempelajari kembali bagaimana penerapan sintaks dari model pembelajaran Project based learning dan harus kreatif dalam memilih media pembelajaran yang baik dan tepat antara lain virtual lab Phet, PPT, video pembelajaran dan media canva. Hasilnya sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi rangkaian seri serta berdampak bagi perkembangan pengetahuan peserta didik, peningkatan kemampuan guru dan rekan sejawat menjadi terpacu untuk menerapaknya.

Situasi

Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku seseorang. Seseorang akan belajar dengan baik apabila stimulus yang diberikan sesuai dengan gaya belajarnya. Begitu juga dengan peserta didik, guru harus memberikan stimulus yang baik dengan memahami karakteristik dan gaya belajar peserta didik sehingga respon peserta didik juga baik dalam pembelajaran. 

Namun, hal ini menjadi kendala karena di kelas VI ditemukan masih rendahnya pemahaman peserta didik dalam pembelajaran IPA, hal itu terlihat saat proses pembelajaran banyak peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan, Aktivitas belajar peserta didik juga masih kurang, hal ini ditunjukkan saat proses pembelajaran peserta didik malas untuk bertanya ataupun menjawab pertanyaan yang diberikan. 

Pembelajaran yang dilakukan di kelas masih konvensional serta didominasi oleh metode ceramah berpusat pada guru sehingga proses pembelajaran menjadi monoton, tidak menarik dan peserta didik menjadi kurang aktif. Hal ini terlihat ketika diskusi kelompok peserta didik tidak serius mengikuti diskusi, dan mendiskusikan hal-hal diluar topik pembicaraan sehingga membuat pemahaman terhadap topik tersebut menjadi kurang. Kemudian guru belum maksimal menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan TPACK sehingga kurang menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran.

Praktik ini menjadi penting dibagikan karena banyak guru yang mengalami masalah pembelajaran di kelas dan juga sebagai motivasi guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang berpusat pada peserta didik dan berbantuan media Virtual Lab Phet, video pembelajaran dan power point interaktif akan berdampak pada peningkatan pemahaman peserta didik untuk belajar secara berkelompok melakukan percobaan membuat rangkaian listrik seri dan juga dapat meningkatkan kemampuan dalam belajar materi rangkaian listrik seri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline