Lihat ke Halaman Asli

Kehadiran Go-Pay yang Mempengaruhi Aktivitas Masyarakat dalam Bidang E-commerce

Diperbarui: 7 Desember 2019   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo Go-Pay

Dari tahun ke tahun apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini, pentingnya atau tingkat kebutuhan akan teknologi sangatlah tinggi. Bahkan hampir di semua bidang atau sector dalam masyarakat membutuhkan teknologi untuk membantu atau mempermudah segala bentuk aktivitas maupun kegiatan yang mesti dilakukan setiap harinya, mulai dari hal-hal yang sifatnya sederhana sampai hal yang sifatnya rumit sekali pun. 

Sebuah bentuk atau wujud dari perkembangan teknologi adalah dengan hadirnya teknologi-teknologi pintar yang memiliki nilai fungsional, contohnya saja adalah dengan hadirnya telephone pintar atau lebih dikenal sekarang ini dengan sebutan smarthphone.

Dengan hadirnya smarthphone atau telephone pintar diharapkan sekiranya dapat membantu dan mempermudah segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat khusunya masyarakat Indonesia. Kemajuan bidang teknologi informasi bisa dibilang sangat teramat pesat. 

Hal ini dapat terlihat dari tingkat kepemilikan telephone pintar atau smarthphone didalam masyarakat. Hampir setiap orang memiliki telephone pintar atau smarthphone yang telah terkoneksi dengan layanan internet. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya berbagai macam program aplikasi seperti media social, game , hiburan, dan lain sebagainya yang berjalan melalui internet, termasuk aplikasi mobile pada telepon genggam (Haidari & Tileng, 2018). 

Kutipan diatas didukung oleh pendapat dari Menristekdikti. Menristekdikti (dalam Hidari & Tileng, 2018) pada tahun 2017 tercatat bahwa pengguna smartphone mencapai 65 juta dari total seluruh populasi penduduk di Indonesia sebanyak 255,5 juta.

Banyaknya penggunaan smarthphone dikalangan masyarakat tentunya membuka peluang atau kesempatan bagi para perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang atau sector pembuatan aplikasi berbasis mobile yang bisa dijangkau oleh pengguna smarthphone. 

Selain itu, perusahaan-perusahaan baik yang bergerak pada bidang otomotif, kuliner, transportasi ataupun bisnis lainnya pun harus dapat berinovasi agar produk-produknya dapat tersampaikan ke masyarakat dengan baik dan cepat. Hal ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan-perusahaan teknologi asal Indonesia, yaitu PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau lebih dikenal dengan Gojek.

Logo Gojek

PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau lebih dikenal dengan Gojek, membuat sebuah terobosan dalam hal transportasi di Indonesia. Awal mula hadirnya Gojek adalah sebuah aplikasi yang menyediakan jasa trnsportasi umum, kemudian dengan seiringnya kemajuan teknologi Gojek hadir sebagai aplikasi yang bergerak pada sector atau bidang e-commerce, hal itu bisa dilihat dari cara atau system kerja yang berkerja pada aplikasi Gojek ini. 

Contoh kecilya saja dalam hal pemesanan ojek, customer atau pengguna aplikasi Gojek tidak perlu menghampiri atau mencari ojek terdekat, akan tetapi customer hanya perlu memesan ojek via aplikasi yang disediakan, sehinnga hal itu dianggap praktis dan efisien oleh pengguna aplikasi Gojek. para  penggunanya  dapat memesan  via  internet tanpa  harus  terjun  kelapangan  untuk  mencari  ojek (Arent Lonardo Aritonang & Arisman).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline