Lihat ke Halaman Asli

Contoh Lk. 1.2. Eksplorasi Penyebab Masalah

Diperbarui: 20 Januari 2023   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah

Masalah yang telah  diidentifikasi     

1        Dalam PBM PKn  kemampuan bertanya  peserta didik sudah muncul tetapi pertanyaanya belum menggambarkan tingkat berpikir kritis (HOTS)

 

Hasil eksplorasi penyebab masalah    

Anak masih bertanya pada tingkat level C1 : Recall, repetition, berbasiskan buku teks

Dalam Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi  menurut Yoki Ariyana, MT.,  Dr. Ari Pudjiastuti M.Pd., Reisky Bestary, M.Pd. dan Prof. Dr. Zamroni, Ph.D, menyatakan bahwa Konsep Berpikir Tingkat Tinggi Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh empat kondisi:

Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya.

Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak dapat diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, strategi dan kesadaran dalam belajar.

Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline