Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Memenuhi Kebutuhan Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi? Modul 2 CGP

Diperbarui: 2 November 2022   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Modul 2. 1 Memenuhi Kebutuhan Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi_CGP

Pembelajaran diferensiasi merupakan usaha guru untuk menyesuaikan usaha  guru  untuk  menyesuaikan  proses pembelajaran  di kelas  untuk  memenuhi  kebutuhan  belajar  individu  murid.  Menurut Tomlinson  (1999:14)  dalam  kelas  yang mengimplementasikan  pembelajaran berdiferensiasi,  seorang  guru  melakukan  upaya  yang  konsisten  untuk  merespon kebutuhan belajar murid.

Kebutuhan belajar murid pada pembelajaran berdiferensiasi yang harus dipenuhi guru yaitu :

  • Kesiapan belajar
  • Minat
  • Profil belajar murid
  • Pembelajaran berdiferensiasi dibagi menjadi tiga yaiu berdiferensiasi:

Konten

Variasi : poster diagram, berbagai bacaan berupa buku bacaan, arikel, komik, video, dan lainnya. Dimana guru menyiapkan pembelajaran yang disesuaikan dengan kesiapan belajar, mina dan profil belajar murid.

Proses

  • Berdiferensiasi proses tentang :
  • Bagaimana murid memahami atau memaknai apa saja informasi materi yang dipelajari saa itu
  • Murid belajar secara mandiri ataupun berkelompok (berkolaborasi)

Pertimbangan proses berdiferensiasi:

  • Mengembangkan lembar kerja untuk mengorganisasikan proses belajar dan penugasan murid.
  • Peran guru dan murid. Guru menjadi fasilitator dan pelatih sedangkan murid menjadi peserta yang akif dalam proses.
  • Manajemen kelas yang kuat
  • Lingkungan belajar di kelas dengan pendekaan berdiferensiasi yang terasa sangat positif
  • Penilaian bersifat tak henti
  • Lingkungan kelas berdifererensiasi memiliki banyak jenis akivias belajar dan ragam siuasi pengelompokan.
  • Seluruh pemangku kepeningan sekolah memiliki pemahaman dan kesepakaan menejemen konsep pembelajaran berdiferensiasi.

Cara diferensiasi proses:

  • Kegiatan berjenjang. Semua murid bekerja membangun pemahamannya dan keterampilan yang sama akan tetapi dilakukan dengan berbagai ingka dukungan, tanangan, atau kompleksias yang berbeda-beda.
  • Pertanyaan pemandu atau tantangan
  • Membuat agenda individual yaitu daftar pertanyaan tentang kebutuhan individu murid dan daftar tugas unuk seluruh kelas
  • Memvariasikan lama waktu unuk menyelesaikan tugas
  • Mengembangkan kegiatan bervariasi
  • Menggunakan pengelompokan yang fleksibel yang disesuaikan dengan kesiapan , kemampuan dan minat murid.

limbah-kertas-sd-63626b2208a8b5576801e9c2.jpg

Produk

Siapa yang memerlukan bantuan. Bentuk bantuan yang diberikan berupa bantuan pemandu.

  • Tagihan dari pembelajaran berdiferensiasi yang diharapkan pada murid (bentuk nyata) yaitu produk hasil pekerjaan murid yang ditunjukkan murid berupa tulisan, hasil tes, karangan, pertunjukan, pidao, persenasi, rekaman, diagram dan lainnnya.
  • Dua hal yang perlu diperhatikan dalam diferensiasi produk yaiu:
  • Memberi tantangan dan keragaman atau variasi
  • Memberi murid pilihan tentang bagaimana murid dapat mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan

Ekspetasi pada murid:

  • Kualitas pekerjaan murid
  • Konten yang ada pada produk
  • Bagaimana harus dikerjakan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline