Lihat ke Halaman Asli

Suardi syamsuddin

Aparatur Sipil Negara

Dashat, Upaya Penanganan Stunting

Diperbarui: 27 April 2024   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto dokumentasi oleh Pemdes Marannu

Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Mattiro Bulu Hj. Nurlailah A.Md. Keb berdasarkan Petunjuk dari Dinas P2KBP3A Kabupaten Pinrang dan hasil koordinasi dari Camat Mattiro Bulu dan Kepala Puskesmas Mattiro Bulu menggelar kegiatan DASHAT dengan nara sumber Petugas Gizi dari Puskesmas Kecamatan Mattiro Bulu, bertempat di Aula Posyandu Desa Marannu, Jumat, 26/04/2024.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan "Dapur Sehat Atasi Stunting" (DASHAT) yang akan dilaksanakan di seluruh Desa dalam lingkup Kecamatan Mattiro Bulu ini menurut Hasniati Ardena S, ST, Ahli Gizi dari Puskesmas Mattiro Bulu saat memberikan pemaparan materinya adalah mengajarkan jenis-jenis makanan sehat yang diperlukan untuk dikonsumsi oleh Ibu Hamil dan bayinya.

"Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting ini bertujuan untuk menambah pengetahuan para ibu-ibu hamil dan menyusui tentang jenis-jenis makanan yang harus dikonsumsi serta tetap memberikan Asi eksklusif dan cara menyusui anaknya." kata Hasniati.

Lebih lanjut, Hasniati menambahkan bahwa umur 0 sampai 2 tahun adalah periode emas bagi anak-anak, karna ini menjadi masa yang urgen untuk memperbaiki atau memenuhi kebutuhan gizinya, jika umurnya telah melewati 2 tahun, maka pemberian gizinya dianggap sudah terlambat.

Selain berusaha untuk memenuhi kebutuhan gizinya, kebersihan makanan termasuk tata cara pengolahannya harus sesuai dengan standar kesehatan yang telah dianjurkan salah satunya dengan memberikan makanan yang bervariasi yang di atur waktunya, tetap berkomunikasi dengan anak pada saat memberikan makan dan tidak boleh dipaksa untuk makan.

Pada saat anak tidak mau makan, maka langkah awalnya menganalisa atau mendeteksi penyebab sang anak tidak mau makan apakah dia cacingan atau ada penyakit lainnya, bukan langsung memberikannya vitamin penambah nafsu makan. Pada saat anak kita mengalami hal seperti ini, maka kita harus paksakan untuk makan agar fisiknya tidak drop.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kabid Pengendalian Penduduk DP2KBP3A Rasmi Abdullah S.Si, M.Si Kepala Desa Marannu Suardi S,SP, Tenaga Pendamping Desa Andi Rapiuddin, Bidan Desa Marannu, Hamsinar A.Md.Keb, Penyuluh KB Desa Marannu Sitti Rahma A.Md.Keb, dan para kader Posyandu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline