Lihat ke Halaman Asli

Betlehem

Diperbarui: 18 Januari 2023   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Tahukah kamu bahwa arti kata Betlehem memiliki unsur makanan?

Bagi sebagian orang kata Betlehem pasti tidak asing lagi. Di alkitab, kata ini muncul beberapa kali dengan beberapa peristiwa yang menyertainya. Misalnya dalam Hakim-hakim 17-18, disana ditulis tentang seorang muda dari Betlehem yang memimpin orang dalam penyembahan berhala. Kisah Rut, dimana Naomi dan keluarganya berasal dari Betlehem. Tapi puncak kemasyhuran Betlehem adalah dikenal sebagai tempat kelahiran Tuhan Yesus.

Kata Betlehem, berasal dari dua suku kata בַּיִת (bayit) artinya “rumah, tempat” dan לֶחֶם (lehem) artinya “roti, makanan”. Aquinas mengatakan bahwa Bethlehem and Ephrathah were the same town; but formerly it was called Ephrathah, after Ephrath the wife of Caleb, who was buried there. But it was later called Bethlehem, that is, house of bread, on account of the amazing fertility of the land. Jadi karena tanah Efrata ini subur, akhirnya namanya diganti jadi Betlehem.

Betlehem dapat diartikan sebagai “house of bread” atau rumah roti. Ironinya adalah bahwa di rumah roti ini pernah tidak ada roti. Rut 1:1, Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel.  Lalu pergilah seorang dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab untuk menetap di sana sebagai orang asing.

Gimana rasanya, pergi ke rumah makan, tapi tidak tersedia makanan?

sekarang udah tahu kan arti kata Betlehem....

Selanjutnya, mau bahas kata apa ya??? ada ide?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline