Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Hasil Pembelajaran Melalui Pembaharuan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pembelajaran adalah hal utama dalam pendidikan. Proses belajar akan mencapai hasil yang optimal apabila terjadi interaksi antara pendidik dan peserta didik. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 yaitu “pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Dengan materi yang berkaitan dengan membangun anak menjadi manusia kritis, dan kreatif, serta pemecah masalah melalui pembaharuan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran diharapkan dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan dan diharapkan hasil yang maksimal khususnya dalam pembelajaran.

Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Beberapa jenis strategi yaitu Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif, Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), StrategiPembelajaran Siklus ( Learning Cycle), Strategi pembelajaran generative (generative learning), Strategi Belajar tuntas dan lain sebagainya.

Metode Pembelajaran adalah cara menyajikan materi yang bersifat umum. Metode pembelajaran dapat diartikan juga sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Beberapa jenis metode diantaranya: Metode Ekspositori atau pameranMetode Penugasan, Metode Kerja Kelompok, Metode Simulasi, Metode Brainstorming, Metode Debat,Metode Symposium dan masih banyak jenis lainnya.

Teknik merupakan suatu cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan bahan-bahan pengajaran yang telah dipilih untuk disampaikan kepada siswa. Teknik yang dipilih haruslah sesuai dengan kaedah yang digunakan dan sesuai dengan pendekatan yang dianut, diantaranya yaitu: Teknik Bermain Peran, Teknik Soal Jawab, Teknik Inkuiri, Teknik Kuis, Teknik Forum,Teknik Perbincangan dan sebagainya.

Jadi, Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang berlangsung secara continue atau berkesinambungan antara hal yang satu dengan hal yang lain. Oleh karena itu dalam kegiatan pembelajaran perlu adanya sesuatu yang berbeda atau pembaharuan supaya subjek-subjek yang terlibat dalam pembelajaran itu tidak merasa jenuh. Subjek yang diharapkan mampu melakukan pembaharuan dalam pembelajaran ini adalah seorang guru.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline