Lihat ke Halaman Asli

Hsu

Seorang manusia biasa

Lapas, Narkoba, dan Terpidana Mati

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Beberapa jam lalu saya menyimak beberapa tulisan kompasianer tentang lapas dan sistem pengawasannya, narkoba, dan juga terpidana mati.

Setelah membaca perlahan dan seksama, tiada satu komentar pun yang tertuliskan. Jawaban yang sama ketika ada yang bertanya bagaimana sebenarnya keadaan di dalam rutan/lapas sana? Dan jawabannya adalah Pelik dan Rumit.

Beberapa pertanyaan yang pernah terajukan dan pernah saya berikan jawabannya adalah

Apakah di dalam sana ada wartel? Jawabannya Ada. Apa tujuannya? tujuannya memang memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk bisa berkomunikasi secara singkat dengan keluarganya. Apakah ada penyimpangan tujuan itu, jika menyimak banyak pemberitaan maka saya pun mengiyakan dan tak menampik.

Pertanyaan berikutnya adalah apakah di dalam sana ada handphone? Jawabannya Ada dan Banyak. Mengapa bisa ada? Jawabannya Pelik dan Rumit. Bagaimana handphone bisa masuk dan dipegang warga binaan? jawabannya pelik dan rumit kembali. Yang pasti Memang Ada dan Banyak.

Peraturan dan sistem memang melarang tegas mengenai handphone di dalam lapas termasuk petugas pemasyarakatan. Hal ini pernah saya tanyakan langsung kepada seorang pejabat di lapas sana. Sebenarnya bagaimana aturan mengenai handphone? jawabannya petugas tak boleh membawa handphone ke dalam area lapas sekalipun itu di area perkantoran lapas, karena untuk melaksanakan tugas telah disediakan handytalky. Faktanya handphone tetap ada dan saya sendiri pernah mendapatkan dispensasi penggunaan hp untuk kepentingan pengkaryaan di sebabkan oleh area lapas yang begitu luas dan untuk memudahkan petugas berkomunikasi dengan saya secara cepat, karena banyak sekali situasi genting yang sering terjadi. Selain dispensasi kepada para warga binaan yang dikaryakan memang keberadaan dan penggunaan hp di kalangan warga binaan adalah dilarang.

Dan masih banyak lagi pertanyaan yang jika tak terlalu penting maka saya jawab dengan dua kata yaitu pelik dan rumit.

***

Menyoal keberadaan dan peredaran narkoba di dalam lapas.

Satu waktu saya pernah berbicara dengan seorang residivis yang sudah belasan kali masuk-keluar Penjara dari jaman sebelum era ekonomi dan era narkoba di dalam penjara. Sebutlah namanya M. M bercerita kepada saya bahwa yang membedakan dan membuat lapas jadi hingar bingar adalah Narkoba. Jika dulu adalah jamannya adu otot maka sejak tahun 1997 sampai kini adalah jamannya adu otak.

Di sebut era ekonomi karena memang banyak terjadi transaksi ekonomi di dalam lapas, baik yang legal maupun ilegal. Dari yang kecil sampai yang besar. Dari di antara individu sampai kelompok. Dan salasatunya yang di transaksikan adalah Narkoba.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline