Lihat ke Halaman Asli

Siti Sakinah

Vocational Student of IPB University | Undergraduate Communication Digital and Media

Jadi Founder Sukses Harus Punya Skill Creative Thinking? Emang Iya?

Diperbarui: 26 Agustus 2023   03:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo "Es Gak Beres". Doc: Akun Facebook Es Gak Beres.

Kenalan dulu sama ownernya ...

Yudi Efrinaldi, owner dari produk minuman yang udah punya cabang dimana-mana ini sebenernya punya latar belakang yang bisa dibilang gak baik-baik aja.

Gimana engga? Dulu, sebelum beliau menjadi owner Es Gak Beres, Yudi sempat menjadi pegawai honorer. Ya yang kita sama-sama tahu, bahwasannya pengahasilan daripada pegawai honorer gak cukup untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

Nah dari situ, dengan kondisi ekonomi yang seperti itu, mendorong Yudi untuk mau nggak mau membuka sebuah usaha untuk kelangsungan hidup dan pemunuhan kebutuhan sehari-hari.

Ia mendirikan produk bubur ayam dan pisang goreng krispi online for the first time. Tapi sayang banget, walaupun udah cukup inovatif banget, tapi usahanya itu gak berjalan berhasil.

Creativity is key!

Yups! Bener banget lagi ... yang namanya kreativitas itu gak bisa dibeli, guys. Dari kegagalan yang telah dialami, Yudi malah semakin bangkit untuk terus mencoba hal-hal baru dan menggali tingkat creativitynya.

Alhasil, Ia kembali meluncurkan sebuah produk es dengan berbagai macam inspirasi jualan unik dan menarik, yang didapetin cuma dari nonton YouTube!

Berkat kegigihannya belajar dan terus belajar sampe akhirnya menemukan sebuah titik terang dan memutuskan untuk meluncurkan sebuah usaha produk es bernama Es Gak Beres (memang jiwa kewirausahaannya ada banget ya..)

Perjalanan Yudi tentunya gak stuck sampe situ aja, namanya juga wirausaha, pasti punya jiwa-jiwa gak puas dan gak pernah kapok untuk mencoba dan berusaha.

Sekarang, Es Gak Beres yang berhasil dibangunnya, kini memiliki hampir 500 outlet atau mitra cabang nasional! Daerah cabangnya termasuk termasuk di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Aceh, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Cara Yudi Mempertahankan & Membangun Merek

Dalam sebuah bisnis, tantangan terberatnya itu adalah mempertahankan merek dari produk yang sudah diluncurkan. Jika kita tidak dapat membangun merek atau paling tidak mempertahankannya, produk kita akan jatuh dan tergantikan oleh merek pesaing yang mempunyai strategi bisnis lebih baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline