Lihat ke Halaman Asli

Santuso

pendidik generasi khoiru ummah

Tips Ajari Anak Toilet Training

Diperbarui: 27 Juni 2021   17:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: asianparent.com

Pada umumnya, masyarakat memakaikan popok kepada si buah hati. Selain dirasa praktis, popok juga bisa mencegah tercecernya najis (dari BAK dan BAB anak) di rumah. Namun, orang tua harus menyadari bahwa tidak selamanya anak menggunakan popok. Popok semestinya hanya dipakai ketika masih bayi.

Di kala ia sudah mulai bisa berjalan dan mulai bisa diajak berkomunikasi yaitu menjelang usia 2 tahun, si anak harus mulai diajari untuk melepas popok. Selanjutnya, dia dilatih untuk buang air kecil dan buang air besar di toilet. Hal itu bertujuan melatih anak untuk bisa mandiri dan bertanggung jawab atas memenuhi kebutuhannya sendiri serta melatih hidup normal seperti manusia pada umumnya.

Meskipun kemampuan setiap anak berbeda-beda dalam menerima pelajaran baru, satu hal yang harus ada di benak orang tua yaitu melatih anak untuk buang hajat di toilet (toilet training) itu mudah dilakukan. Berikut ini tipsnya berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

1. Sugesti dan ajak berpikir 

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai toilet training ialah melakukan sugesti secara berulang kepada anak bahwa dia sudah waktunya lepas popok. Butuh ketekunan orang tua untuk mendorong dan mengajak anak berpikir bahwa dia sudah mulai tumbuh besar dan harus hidup seperti manusia normal yaitu tanpa popok.

Meskipun pada awalnya, si kecil masing sering tidak menggubris langkah pertama ini, tapi orang tua teruslah melakukan hal ini. Percayalah, cara ini kelak akan membekas kepada si kecil.

2. Perkenalkan buku cerita toilet training

Tips selanjutnya ialah orang tua perlu membeli buku cerita anak-anak yang isinya tentang toilet training. Selanjutnya, ceritakan isi buku tersebut kepada si kecil. Tekankan nama tokoh beserta gambarnya di buku itu kepada si kecil. Hal ini bertujuan agar si kecil mau meneladani tokoh tersebut yaitu pipis atau pup di toilet. Jika hal tersebut terus dilakukan secara berulang, si kecil nantinya akan punya gambaran tentang memulai toilet training.

3. Lepas popok dan ajak ke toilet tiap satu jam

Langkah selanjutnya ialah lepas popok si kecil saat dia terjaga (bukan saat tidur). Pada awalnya, orang tua harus mengajak si kecil untuk pipis atau pup ke toilet tiap satu jam sekali. Pantau perkembangan si kecil selama beberapa hari. Setelah ada perkembangan yakni si kecil sedikit mulai bisa mengontrol diri jika harus ke toilet, renggangkan durasi untuk mengajaknya ke toilet, misal diubah menjadi tiap 2 jam sekali.

4. Lepas popok saat tidur

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline