Lihat ke Halaman Asli

Santuso

pendidik generasi khoiru ummah

Yuk Mulai Menghafal Al Quran dengan Delapan Tips Mudah Berikut!

Diperbarui: 16 Juli 2020   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menghafalkan Al-Qur'an adalah salah satu ibadah yang sangat mulia. Banyak sekali keutamaan dari menghafal Al-Qur'an. Keutamaan itu telah disebutkan di dalam banyak ayat dan hadits. 

Adapun keutamaan tersebut di antaranya ialah hati menjadi tentram; mendapatkan kebaikan sebanyak huruf yang dibaca/dihafalkan; akan bersama dengan rombongan malaikat; akan mendapat syafaat dari Al-Qur'an; dan sebagainya.

Selain sebagai sumber hukum Islam yang pertama, Al-Qur'an juga merupakan mu'jizaf terbesar yang pernah ada. Sebab, Al-Qur'an akan selalu ada dan terpelihara sampai hari akhir. Nah, penghafal Al-Qur'an merupakan salah satu hamba Allah yang ikut memelihara mu'jizat terbesar ini. Hebat, bukan?

Nah, maka dari itu, sudah tentunya kita termotivasi untuk menghafalkan Al-Qur'an. Apabila belum pernah menghafal Al-Qur'an, setidaknya mulai dari sekarang yuk kita bersama-sama menghafalnya. Jika benar-benar ber-azzam (bertekad kuat), insya Allah menghafal Al-Qur'an itu mudah. 

Karena mudahnya menghafal Al-Qur'an, ada kisah nyata dari anak yang cacat (terkendala di otaknya) bisa menghafal Ak-Qur'an 30 juz. Bahkan, ada juga kisah orang yang sudah tua bisa menghafal Al-Qur'an.

Lantas, bagaimana cara menghafal Al-Qur'an? Yuk simak 8 tips menghafal Al-Qur'an dengan mudah berikut ini!

1. Niatkan karena Allah Ta'ala

Tips yang pertama dan utama adalah niatkan bahwa menghafal Al-Qur'an hanyalah untuk menggapai Ridho Allah Swt. Dengan demikian, insya Allah motivasi kita menghafal Al-Qur'an akan benar-benar kuat. 

Proses menghafal Al-Qur'an jika diniatkan karena Allah semata, insya Allah akan selalu mendapatkan kebaikan, merasa ringan untuk menghafal, serta dilancarkan oleh Allah.

2. Cari partner

Setelah kita tata niatan kita menghafal Al-Qur'an, langkah selanjutnya adalah carilah partner atau teman yang sama-sama ingin menghafal Al-Qur'an. Teman akan membantu kita untuk senantiasa mengingatkan jika lupa dan memotivasi jika kita sedang futur atau tidak semangat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline