Lihat ke Halaman Asli

Strategi Membeli Komputer dan Laptop yang Murah dan Aman

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1381063832665673769

Saat membeli komputer dan leptop anda harus sehemat dan seteliti mungkin dalam membelinya dan harus mengerti harga pasaran teknologi masa kini, karena banyak orang yag mencari gedjet atau sejenisnya yang setelah membelinya merasa tidak aman atau merasa tertipu. Pastikan anda membeli pada distributor yang terkenal dan terpercaya keberadaanya supaya produk yang anda beli bukan termasuk produk imitasi atau barang yang sudah di pakai (bekas) karena banyak sekali orang yang terjebak bembli produk tersebut karena tidak tahu asal usul barang yang anda beli.

Oleh karna itu saya akan memberikan cara agar anda dapat menghemat uang dan mengurangi hal-hal yang sudah saya ceritakan tadi.

Komputer dan Leptop/notebook adalah salah satu teknologiyang sangat di minati oleh semua kalangan karena manfaatnya yang begitu besar, dari kalangan atas sampai kalangan bawah. Dan banyak sekali macam-macam jenis komputer yang mahal yang harganya sampai puluhan juta rupiah dan yang murah yang berkisar jutaan saja. Jika anda seorang ayah yang ngin membelikan anak anda komputer/ leptop untuk memenuhi menunjang sekolah anak anda.

Tentu jika untuk membeli komputer untuk edukasi anak seperti ini tidak membutuh kan spesifikasi komputer yang tinggi cukup dengan dengan komputer atau leptop yang memiliki spesifikasi Dual core jika memakai merk intel dan E1 jika memakai merk AMD. Tentu harganya berbeda jika anda memakai merk intel maka akan lebih mahal akan tetapi intel sangat terjamin kualitas nya di banding AMD dan terbukti sangat awet dan jarang sekali trouble, tetapi jika anak anda ingin performa yang lebih maka AMD lah pilihanya. Jika anda membeli komputer dengan intel maka banyak pilihannya akan lebih banyak karena kualitas intel lebih banyak di pilih orang karena kualitas.

1381063360365137841

Saat membeli komputer di sebuah tokoanda akan di beri penawaran oleh toko yang anda kunjungiinggin membeli komputer bill up atau yang memilih spesifikasi sendiri atau bisa di sebut rakitan. Tentu beda antara komputer bill up dan rakitan, jika bill up garansi nya harus tetap dalam keaadaan utuh artinya jika salah satu komponennya ada yang rusak dan di garansikan semua harus di bawa untuk di garansi, berbeda dengan rakitan jika Mb(motherboard) saja yang rusak atau yang lainnya data yang ada di hardisk bisa di ambil sementara untuk di pakai datanya dan garansinya terpisah dan berbeda beda jangka waktu garansinya.

Jadi menurut saya komputer rakitan lebih murah dan aman daripada komputer bill up. Jika pada semua produk dengan spesifikasi yang sama harganya akan berbeda 15%, tentu 15% sangat besar jika uang yang anda bayar berkisar 5-8 juta.

Untuk membeli leptop sama dengan komputer belilah leptop sesuai kebutuhan, tapi untuk leptop tidak bisa di rakit atau memilih spare part leptop sendiri, karena semua leptop yang dijual sudah dalam keadaan siap pakai. Untuk merk semua merk sama tergantung dengan selera anda . tapi ada juga merk yang kulitasnya tidak bagus dan menjadi incaran para pembeli demi mengejar harga yang murah.

Leptop berbeda dengan komputer, jika komputer rusak dan lewat garansidan di servicekan akan lebih cepat dan murah jika ada yang di ganti spare partnya, tetapi jika leptop akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan harganya jumalan mahal di bandingkan dengan harga service komputer.

Jadi jika membeli leptop membelilah yang aman dalam arti yang di jamin kualitasnya dan murah tentunya dan memiliki garansi yang bisa di terima service center di wilayah anda tinggal karena sangat penting, jika leptop yang baru anda beli selama 3 bulan mati dan tidak bisa di klaim di cervice center setelah itu anda bawa ke toko service dan dinyatakan rusak Mb(motherboard)maka menurut saya jika anda membeli dan memperbaikki kerusakan leptop anda yang tidak bisa di garansi tersebut maka harga nya mendekati saat anda membeli leptop yang sama, intinya anda membeli leptop yang rusak / imitasi.

Maka pilih lah leptop yang asli dari disributor merk terkenal yang ada di pasaran saat ini. Jika saya sebutkan kelemahan merk yang satu dengan yang lain sama saja tapi belum tentu yang harganya mahal awet dan bagus

13810651911703529748

Jika di indonesia merk leptop yang paling laris diantaranya asus, acer, banyak yang memilih merk tersebut karena kualiatasnya dan modelnya yang mengikti jaman sekarang jadi tidak hanya anak muda tetapi semua kalangan juga banyak yng membelinya, setelah itu ada lenovo,axxio,msi dll yang model dan haganya standart dan lumayang di minati,lalu ada merk yang terkenal mahal fujitsu, toshiba, sony termasuk merk yang mahal dan sering di minati olah kalangan atas yang mempertimbangkan gengsinya juga.

Jadi terserah anda mau beli yang mana pertimbangkan sebelum membeli. Tentu merk yang mahal akan membutuhkan perawatan atau spare part yang mahal juga. Untuk spesifikasi core i3 i5 i7 / A3 A5 A8 adalah spesifikasi untuk orang yang biasanya membutukan lebih seperti untuk desain grafis, server, cctv, game, dan banyak sekali kebutuhan sehingga memakai spesifikasi yang tinggi.

Untuk program yang menjalankan leptop atau komputer tersebut pakailah program yang asli seprti Mirosoft windows xp, 7, maupun 8 yang terbaru pakailah yang asli dan jangan pakai yang bajakan karena banyak sekali orang yang bermasalah jika memakai bajakan. Jika anda memakai win asli maka anda dapat memperloleh aplikasi / software geratis dengan mengunjungi web www.microsoft.com banyak sekali keuntungan jika memakai program yang asli anda dan pembuat program saling membantu dan tidak ada pihak yang merugi.

Apalagi untuk kantor kantor sangat rawan sekali dengan sidak sidak yang dilakukan pihak microsoft dan anda akan menjadi pihak yandi rugikan jika sampai tertangkap basah oleh pihak microsoft. Meskipun anda di rumah menggunakan komputer bukan tidak mungkin pihak microsoft tidak tahu, jika anda browsing dari rumah anda akan secara otomatis dari pihak windows akan mencari windows windows bajakan dari dunia maya dan efeknya windows anda akan error dan seakan akan virus yang menyebabkan nya padahal tidak windows bajakan anda yang membuat error komputer atau leptop anda.

13810640871903283648

Untuk pembelian komputer saya akan memberikan spesifikasi menurut kebutuhan anda, pertama anda harus memiih procesor terlebih dahulu karena jika procesornya tinggi dan komponen lainnya rendah akan terasa percuma jika di pakai pervorma procesornya tidak bisa maksimal, misal anda memakai untuk kerja di rumah anda untuk mengetik dan browsing internet sebaiknya memakai procesor core i3 jika intel tapi kalauamd pakailah E2. Setelah memilih procesor pilihlah motherboard jika anda ingin mb yang aman pilihlah mb dari gigabyte dan asus karena produk ini sangan jarang kerusakannya dan garansinya lebih lama serta lebih lengkap teknologi juga lebih maju lebih dari pada yang lain selain itu mb gigabyte mengklaim mb yang korosi dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun, itu sangat berguna bagi anda yang menempatkan komputer di dalah gudang / ruang tertutup. 

1381064343761658542

Untuk merk yang murah dan standart lainnya ada Msi, intel, Ecs, dan yang lainnya belum saya sebutkan ternasuk merk yang murah dan tidak aman untuk di pakai sepengetahu an saya. Setelah anda memilih mb tentukan memory memory yang sering di beli orang karena kualitas yang bagus adalah kingston tapi ada juga produk dari v-gen yang menawarkan garansi lifetime (seumur hidup) tetapi sepengetahuan saya memorry vgen lebih banyak troublenya dari pada kingstone meskipun garansinya life time, karena memory v-gen jika garansi memang di tukar tetapi waktu di sevice atau di perbaiki hanya di gosok dengan alat dari distributor v-gen nya setelah itu kembali normal, jika memeang kalau masalah pada memorynya ada pada komponen memorry yang di dalamnya akan percuma jika di gosok saja seperti itu, itu yang menyebabkan orang bolak balik di service center v-gen.

Ada juga merk corsair vengeance itu merupakan merk yang mahal dan performanya bagus tapi anda tidak perlu memilihnya jika tidak perlu cukup memberi memorry 2g atau 4g dari kingstone atau v-gen tergantung kebutuhan anda jika banyak program dan inggin kapasitasnya lebih besar pilih yang 4g saja.

Untuk hardisk jika anda orang yang ingin menyimpan semua data dari video game atau data yang lainnya kapasitas hardisk nya harus besar da merk hardisk yangsering di beli orang diantanya merk Wd(wasterndigital), seagate, toshiba, tapi toshiba jarang di beli walaupun harganya murah karena sering sekali trouble, tapi hardisk yang paling laku di pasaran adalah Wd dan seagate, garansi kedua merk ini sama tapi pada merk Wd pilihannya banyak seperti Wd black,blue, dan red yang tentu saja mempunyai kelebihan masing masing tapi blue adalah merk yang standard yang sering di pilih orang karena tidak membutuhkan power yang besar di bandingkan pilihan yang lainnya.

1381064600380273277

Tentu saja semua hardisk dapat menemui trouble jika penggunaannya salah atau tidak baik, contohnya saat menyalakan komputer posisi komputer di geser atau di angkat maka ada kemungkinan hardisk akan rusak, jatuh tentunya juga akan merusak hd tersebut karena di dalam hd terdapat piringan yang berpitar jika menyala jika dibalik atau di pindahkan posisinya akan menimbilkan kerusakan pasa piringan tersebut yang mengakibatkan badsector yang berujung pada kerusakan dan tentunya data anda akan hilang jika rusaknya parah, di hd ada keterangan kalau dalam posisi mati atau hidup menahan guncangan sampai batas tertentu maka jika anda memakai hardsik external terus anada pegang dan sering memindahkannya saat memindah data anda sudah mencoba merusak hd anda sendiri.

Setelah anda pilih hd sesuai kebutuhan andayang harus anda pilih selanjutnya adalah cd room, tapi jika anda tidak perlu juga tidak apa apa ada beberapa merk di antaranya lg dan samsung. Setelah itu casing pada casing ini orang sering terjebak dengan casing yang murah dengan harga 200rb-an casing ini tentu sangat tipis jika terduduki akan pesok atau di tumpuk buku yang lumayan berat saja sudah agak pesok, ada beberapa merk casing yang lumayan bagus dan harganya murah seperti simbadda saat memilih produk casing ini anda harus melihatnya terlebih dahulu dan melihat kualitas bahanya jika berada di toko langganan anda masing masing, jika anda membeli casing pilihlah sesuai kebutuhan anda, dan jika ruangan tempat kerja atau rumah anda sempit atau kotor sebaiknya di tampasbahi van (kipas) supaya sirkulasi udara yang di dalam casing itu lancar dan debu debu tidak menggendap di komputer.

13810647051690944566

Setelah itu ada vga ini tidak perlu anda beli jika ka tidak membutuhkannya, karena jika untuk mengetik data dan broseing cukup menggunakan vga on board yang sudah ada di mb yang anda beli, tetapi jika anda adalah seorang gamer atau desain grafis perlu sekali jika membeli vga karena untuk pervorma yang di tampilkan di mng onitor bagus dan maksimal tentu saja akan sangat berbeda jika spesifikasinya dari awal jika anda mengginginkan pervorma yang maksimal.

Monitor selanjutnya belilah ukuran sesuai kebutuhan anda cukup denga 16/19in saja jika hanya mengetik atau browsing, asapun merk yang bagus diantaranya lg dan samsung, tetapi lg lebih banyak di pakai orang karena servicenya lebih baik dari pada samsung, tetapi samsung juga mengeluarkan desain yang slim dan banyak menarik pembeli untuk membelinya kualitasnya juga tidak kalah dengan lg. Tentukan pilihan anda dan selektif dalam membeli komputer atau pun leptop.

Untuk pemeliharaan leptop dan komputer anda harus memperhatikanya jika tidak komputer atau leptop yang ada di rumah anda akan banya menemui masalah.

Yang pertama jika anda memiliki komputer sering menemui masalah dengan virus atau semacamnya masalah ini biasanya di akibatkan jika kita memasukan file file yang mengandung virus jikapun ada antifirus lokal maupun interlokal akan mendeteksi virus itu sebelum berada di dalam hardsik anda, hanya saja anda sering tidak menghiraukan peringatan peringatan yang sering muncul di bawah kanan layar.

Jika anda berhati hati anda tidak akan terkena virus, tetapi virus juga bisa masuk tanpa melalui file tetapi melewati jaringan internet, cara kerjanya jika anda browsing di internet dan membuka web web tertentu dan ternyata web itu terinfeksi virus lalu anda memasuki dan mengakses web tersebut otomatis komputer atau leptop anda akan terinfeksi juga, tetapi sebelum anda mengklik / mengakses web tersebut antifirus anda juga sama akan melakukan peringatan yang sama dengan cara kerja lewat file tadi.

13810654271090466290

Jika anda ingin lebih aman belilah antifirus yang prabayar karena lebih aman dan lengkap, meskipun anda mepunyai cara untuk mengakali antifuirus yan prabya tersebut tetap saja proteksinya tidak akan sempurna, microsoft juga memberikan antifirus yang lumayan bagus yaitu microsoft essentials hanya pengguna windows asli yang dapat menjalankanya. Akan tetapi semu itu kembali kepada pemakai walaupun antifirus yang mahal sekalipun juga masih ada kemungkinan terkena virus tergantung pemakai jika peringatan peringatannya tidak di hiraukan akan terkena virus.

Yang kedua adalah keadaan hardware anda jika anda memiliki komputer anda harus sering memeriksa keadaan dalam komputer anda dengan membuka casing dan membersihkanya secara rutin minim 1 bulan sekali karena dalam van procesor atau van vasing pasti kotor dengan debu debu sehingga memperlambat kinerja komputer anda efeknya komputer anda akan menjadi panas, jika dibiarkan terus menerus akan terjadi kerusakan yang fatal. Notabennya orang indonesia sangat mudah di tebak jika sudah datang ke tempat service pasti kerusakanya mati total, padahal jika di bandingkan dengan kendaraannya sendiri seperti sepeda motor / mobil jika merasa tidak enak sedikit pasti di service, tapi jika komputer kalau mati total baru di bawa ke tempat service.

13810656501024389345

Jadi anda harus peduli dengan keadaan komputer atau leptop anda jika kerusakan nya pada hardisk maka data data yang saat anda kerjakan sebelumnya berhari hari anda kerjakan akan hilang dan sangat mahal sekali mengembalikannya jika sudah rusak parah di hitung perbit bayarnya tidak peduli yang kembali foto atau lagu saja. Alangkah baiknya anda juga harus mempunyai hardisk external untuk memback up data anda, leptop pun juga sama perawatanya dengan komputer beda nya leptop akan lebih susah dan mahal jika mengalami kerusakan, namanya juga barang yang praktis dan mobile tentu lebih mahal dari pada yang tetap dan tidak bisa di bawa kemana mana.

Yang ketiga adalah keadaan fisik komputer atau leptop anda,semua barang elektronik akan rusak jika fisiknya rusak akibat jatuh atau terkena benturan dsb. Maka dari itu jaga agar komputer dan leptop anda tetap aman.

Pilih Laptop atau Komputer - Terkadang pilihan antara laptop atau komputer menjadi sulit, tetapi tenang saja, setelah anda membaca artikel pilih laptop atau komputer ini, insya allah anda bisa menentukan barang mana yang mau anda beli.Kebutuhan akan komputer dan laptop memang sangat berguna bagi kita semua, selain untuk kebutuhan mengetik, komputer dan laptop juga bisa anda gunakan untuk kebutuhan lainnya, seperti bisnis, mesin kasir, mendengarkan musik, bersosial, ber internet, dan masih banyak kegunaan komputer dan laptop dalam membantu keperluan kita.

Berdasarkan pengalaman saya ketika ingin memilih laptop atau komputer, saya lebih condong ke komputer, karena memang kebutuhan saya. Maka dari itu kebutuhan anda lah yang sangat di pertimbangkan, Tentukan terlebih dahulu untuk apa anda membeli laptop atau komputer.

Emang betul laptop itu lebih keren, simpel, dan mudah di bawa kemana-mana. Tetapi bila kebutuhan anda terhadap kedua barang tersebut untuk keperluan game online atau sejenisnya, saya sarankan anda mengunakan komputer saja, karena bila anda mengunakan laptop untuk keperluan yang sangat lama seperti game online, laptop tersebut akan cepat rusak.

Tetapi, bila kebutuhan anda akan laptop dan komputer hanya untuk keperluan tugas kuliah atau jejaring sosial saja, lebih baik anda mengunakan laptop.Jadi intinya begini, bila anda memilih laptop resiko nya, laptop itu tidak bisa hidup terlalu lama, karena memang di desain untuk keperluan yang sewajarnya saja (mudah panas).

13810641821192451965

Tetapi bila anda memilih komputer resikonya, tidak bisa dibawa kemana - mana. dalam perawatan antara laptop dan komputer pun saya lebih suka di komputer, karena menurut saya, lebih mudah untuk membersihkan bagian dalam komputer di bandingkan laptop.Nah sekarang silahkan anda tentukan kebutuhan anda. apakah anda ingin komputer yang hidup nya bisa lama, atau laptop yang cepat panas. Tetapi lain hal bila anda memiliki uang banyak, anda bisa membeli laptop dan komputer sekaligus, jadi kan gak pusing - pusing lagi hehe.

Nah sekarang kita akan membahas secara spesifik kelebihan antara laptop dan komputer.

Kelebihan Laptop dibandingkan komputer

1.Fitur yang lebih lengkap

2.Hemat energi (low power consumption)

3.Quality Control standart pabrikan

4.Mobilitas tinggi

5.Biasanya disertai OS yang asli

Kurangan Laptop dibandingkan komputer

1.Harga yang jauh diatas PC

2.Sedikit komponen yang dapat di upgrade

3.Biaya perawatan lebih mahal

4.Spesifikasi hardware tidak dapat dirubah-rubah

Kelebihan komputer dibandingkan laptop

1.Lebih Murah

2.Layar Lebar tetap OK

3.Service komputerlebih mudah dan murah

4.Efisiensi Software Lebih Bagus

5.Komputerlebih aman dan bertahan lama

6.Lebih banyak orang yang mampu merakit komputer

7.Komputerlebih mudah di daur ulang

8.Kekurangan komputer dibandingkan laptop

9.Tidak bisa dibawa kemana - mana

10.Harus nyolok kelistrik terus

11.Tidak di lengkapi wifi langsung (jadi harus beli perangkat wifi sendiri)

Nah sekarang kita akan membahas secara spesifik kelebihan antara laptop dan komputer.

Semoga artikel ini brmanfaat bagi para pembaca kompasiana, saya hanya seorang mahasiswa yang mengerrjakan tugas dengan membuat artikel ini supaya di baca oleh lebih dari 200 pembaca dalam waktu kurang dari 1 minggu, terima kasih sudah membaca artikel saya mohon maaf jika ada kesalahan kata atau ada yang tidak benar menurut anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline