Lihat ke Halaman Asli

How to Create Self Confidence

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

How to Create Self Confidence

Bagaimana membangun kepercayaan diri bagi employee? Dalam dunia kerja, tak jarang ada kecenderungan seorang SDM yang memunyai tingkat kepercayaan diri yang rendah. Padahal dalam aktifitas dunia kerja, faktor kepercayaan diri memampukan SDM untuk melihat setiap situasi sebagai ajang dalam berperan dan berkontribusi. Dan bahkan mungkin tidak hanya itu, melainkan bisa meingkatkan produktifitas atau kinerja seorang SDM. Kepercayaan diri alias PD sebenarnya merupakan aktifitas mental berupa keyakinan diri dalam melihat kelebihan dan juga kekurangan sebagai satu bagian keseluruhan yang utuh.  Jadi PD tentunya sangat dibutuhkan oleh setiap SDM di perusahaan. Ya karena dampaknya sangat positif buat peningkatan kinerja. Cuma ada kalanya setiap SDM memunyai ketiakmampuan dalam menumbuhkan PD tadi. Bagaimana caranya supaya bisa menciptakan kepercayaan diri (self confidence),  berikut tipsnya


  • Ubah kekurang PD - an dengan mindset

Cara pandang atau mindset sangat penting sebagai modal meningkatkan kepercayaan diri dalam setiap langkah kehidupan. Dengan mindset yang kuat akan membuat perilaku semakin terarah pada tujuan semula yaitu meningkatkan rasa percaya diri.


  • Berteman dan bergaul dengan orang-orang berpikiran positif

Berjumpa dan kemudian berteman memberikan makna hidup yang lebih, apalagi dengan mereka-mereka yang memancarkan value positive. Value tersebut akan menularkan virus yang positive pada orang lain. Terutama membangkitkan semangat untuk menjadi lebih percaya diri.


  • Rasakan saat kita percaya diri

Ada saat dimana kita merasakan sangat percaya diri. Karena kepercayaan diri merupakan aktifitas mental, jadi perasaan tersebut akan timbul kembali dalam situasi yang berbeda. Maka dengan merasakan aktifitas tersebut, akan mengembalikan kecenderungan-kecenderungan untuk mampu mengelola diri dengan sedemikian rupa.


  • Self awareness (nilai-nilai dan pengenalan diri)

Kesadaran untuk memahami diri sendiri, baik itu kekuatan ataupun kelemahan menjadi sebentuk keseimbangan batin untuk menyelami diri sendiri lebih dalam. Disitu ada nilai nilai kehidupan yang patut untuk di pelajari sebagai bekal di dunia kerja


  • Train your self (melatih diri)

Melatih merupakan aktifitas yang membuat seseorang SDM semakin menaiki level berikutnya. Artinya setiap pelatihan memberikan inside baru demi meningkatnya personality, kompetensi maupun mental


  • Always reflect in every event in the life

Selalu untuk merefleksikan diri dalam setiap aktifitas yang sudah dijalani.Hal ini guna melihat seberapa jauh kita melangkah menaiki tangga level kepercayaan diri.

Tentu tips ini tidak baku dan pasti, artinya setiap SDM bisa mengembangkan diri berdasarkan pengalaman masing-masing. Menyesuaikan diri sesuai dengan lingkungan yang ingin dibangun. Akhir  kata, setiap manusia pada umumnya memunyai potensi yang bisa dikembangan. Hanya saja, kembali pada keseriusan setiap individu untuk mencapainya. Dan tentu saja, dengan potensi yang ada kita akan semakin berkembang secara personal juga menjadi pribadi menarik di tengah-tengah lingkungan kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline