Lihat ke Halaman Asli

St Fatihah

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah mataram

Artikel 7 Teori Empati dari Martin Hoffman

Diperbarui: 18 Januari 2025   06:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Empati dari Martin Hoffman

Teori empati yang dikembangkan oleh Martin Hoffman memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana individu dapat merasakan dan memahami perasaan orang lain. Hoffman, seorang psikolog perkembangan, berfokus pada bagaimana empati berkembang seiring bertambahnya usia dan bagaimana hal ini berkontribusi pada interaksi sosial yang sehat. Dalam artikel ini, kita akan membahas konsep dasar dari teori ini, tahapan perkembangan empati, serta implikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu Empati?

Empati adalah kemampuan untuk merasakan dan memahami emosi orang lain. Ini melibatkan proses kognitif dan afektif yang memungkinkan individu untuk terhubung dengan pengalaman orang lain secara emosional. Hoffman berpendapat bahwa empati bukan hanya sebuah reaksi emosional, tetapi juga melibatkan pemahaman yang lebih dalam tentang keadaan orang lain.

Tahapan Perkembangan Empati

Martin Hoffman mengidentifikasi empat tahap perkembangan empati, yang masing-masing mencerminkan peningkatan kompleksitas dalam cara individu merasakan dan memahami emosi orang lain. Berikut adalah penjelasan dari setiap tahap:

 1. Tahap Emosi Dasar (0-2 tahun)

Pada tahap awal ini, bayi memiliki kemampuan terbatas untuk merasakan empati. Mereka dapat merasakan emosi dasar, seperti kesedihan atau kegembiraan, terutama melalui ekspresi wajah dan suara orang di sekitar mereka. Misalnya, jika seorang bayi melihat orang tua mereka tersenyum, mereka mungkin merespons dengan senyuman juga. Namun, emosi yang dirasakan masih bersifat refleksif dan belum sepenuhnya terintegrasi dengan pemahaman kognitif.

 2. Tahap Pengamatan (2-3 tahun)

Di tahap ini, anak-anak mulai menunjukkan kemampuan untuk mengamati dan mengenali emosi orang lain. Mereka mulai memahami bahwa orang lain memiliki perasaan yang mungkin berbeda dari perasaan mereka sendiri. Misalnya, seorang anak mungkin melihat teman mereka jatuh dan merasakan kesedihan untuk mereka. Meskipun pemahaman ini masih sederhana, anak-anak mulai menunjukkan respons yang lebih empatik, seperti mencoba untuk menghibur teman yang sedih.

 3. Tahap Identifikasi (4-6 tahun)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline