Lihat ke Halaman Asli

Kelompok KKN Kolaboratif Desa Gunung Malang Turut Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Diperbarui: 6 Agustus 2022   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bulan Imunisasi Anak Nasional atau BIAN di Desa Gunung Malang dilaksanakan bersama Perawat dan Bidan Desa wilayah tersebut. Semua dusun memiliki jadwal bergiliran setiap harinya. BIAN pertama kali diselenggarakan di Posyandu Dusun Paleran pada tanggal 2 Agustus 2022. 

Agenda kegiatan pada BIAN yaitu pemberian Vitamin dan Imunisasi untuk Bayi dan Balita. Setiap Bayi dan Balita datang ke posyandu lalu ditimbang berat badan dan diukur tinggi badannya. Anak yang datang dalam kondisi sehat akan diberikan imunisasi, sedangkan jika dalam kondisi sakit akan diberikan di kemudian hari. Setelah itu anak juga mendapatkan tambahan nutrisi berupa bubur kacang hijau.

Pada pelaksanaan BIAN, mahasiswa membantu memberikan vitamin yang diteteskan untuk anak. Setiap anak yang berkunjung dipastikan mendapat vitamin yang dapat menunjang pertumbuhan. Tingkat pertumbuhan dan perkembangan dapat dilihat dari buku imunisasi yang dibawa, yang disesuaikan dengan umur anak. 

Adapun beberapa tujuan BIAN yaitu menghentikan transmisi virus campak dan rubella di semua wilayah Indonesia, Mempertahankan Indonesia Bebas Polio, dan Mengendalikan penyakit Difteri dan Pertusis. 

Dokpri

Bayi yang tidak hadir Imunisasi di Posyandu, akan dikunjungi oleh Bidan di rumah masing-masing sekaligus di cek kondisi kesehatannya. Apabila anak mengalami sakit akan diresepkan obat. 

Semua orang tua juga mendapatkan himbauan untuk membawa bayi atau balitanya, ke Kantor Desa Gunung Malang pada tanggal 20 Agustus 2022. Pada hari tersebut akan dilaksanakan puncak acara dari BIAN untuk mencapai target seratus persen Imunisasi Anak. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline