Lihat ke Halaman Asli

Bukan Hanya Sekedar Kalimat, Bagaimana Ucapan "Gapapa, Cuma Sekali Ini" Merusak Anak

Diperbarui: 22 Agustus 2023   16:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://pixabay.com/photos/snack-food-pie-pastry-puff-pastel-6998315/ Ilustrasi junk food

Orang tua adalah sosok yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Bagaimana sosok anak nantinya saat dewasa sangat dipengaruhi oleh orang tua. Orang tua mengharapkan anak-anaknya untuk mempunyai karakter baik, serta sukses di kemudian hari. Namun, seringkali ucapan "Gapapa, cuma sekali ini." yang sering diucapkan orang tua menjadi salah satu penghalang harapan orang tua itu sendiri. 

Sudah menjadi umum ucapan "Gapapa, cuma sekali ini." digunakan orang dewasa jika ingin memakan junk food, seperti gorengan, mie instan, dan makanan lain yang dianggap tidak sehat bagi pembicara. Banyak versi dari ucapan ini, seperti:

"Cuma ini doang, enggak apa-apa."

"Sekali-kali bolehlah, no problem."

"Biarlah, kali ini saja kok."

dan lain-lain.

Bagaimana ini menjadi sebuah masalah jika diperdengarkan kepada anak? Bagi para orangtua yang mengucapkan ini, coba refleksikan beberapa hal ini. Apakah anda benar-benar jarang sekali memakan makanan junk food, atau sekali-sekali itu berarti sekali sehari? 

Apakah anda memakan jenis junk food yang berbeda setiap hari, sehingga dengan rasa tak bersalah anda dapat mengatakan "Cuma seminggu sekali, tidak apa-apa dong." 

Ada juga kemungkinan anda membohongi diri sendiri, mengatakan jarang makanan junk food padahal sering. Menurut bbc.com/indonesia, itu adalah sebuah cara untuk menghindari fakta-fakta menyakitkan. 

Anak menjadi korban perkataan ini, menjadi pribadi yang tidak sehat karena sering mengonsumsi junk food. Ia juga dapat menjadi pribadi yang tidak disiplin dan suka membohongi sendiri. Tidak hanya itu, kebiasaan orang tuanya yang buruk itu ditiru olehnya. Dari businessinsider.com, dapat dilihat bagaimana kebiasaan orangtua sangat mempengaruhi anak. Sebagai seorang siswa SMA, sering saya lihat teman-teman saya atau orang yang lebih senior mengucapkan hal ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline