Lihat ke Halaman Asli

Asal Usul Nada Dering "Semua Orang Tahu" di iPhone

Diperbarui: 31 Maret 2022   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Fakta bahwa setiap perusahaan telepon memiliki nada dering tetap membantu Anda mengenali merek mereka dalam "satu nada". Ada banyak dzwonki na telefon populer seperti lagu "legendaris" Nokia atau Marimba iPhone. 

Meskipun sekarang kita dapat dengan mudah mengatur lagu favorit kita sebagai nada dering, jika kita kembali ke masa ponsel pertama, banyak penelitian luar biasa tentang bagaimana orang memandang suara telah dibuat. Diimplementasikan untuk membuat nada dering default yang menarik dan ramah pengguna. Dan nada dering iPhone yang tidak salah lagi juga telah diinvestasikan dengan cermat dan hati-hati. Bergabunglah dengan Nguyen Kim untuk mempelajari lebih lanjut tentang kelahiran Marimba - nada dering default di iPhone pertama!

Pertama-tama, pengenalan nada dering dimaksudkan untuk menarik dan menciptakan minat bagi pengguna telepon dan mengarah pada tindakan menjawab telepon selanjutnya. 

Untuk membuat nada dering yang sempurna, para peneliti di Bell Laboratories telah melakukan banyak penelitian yang menunjukkan bahwa nada dering yang ideal harus memiliki rentang nada dari 2 KHz hingga 4 KHz, dan pada saat yang sama memiliki tingkat kenyaringan sekitar 96 dB dengan interval 3 hingga 5 detik per dering.

Menurut Forbes, Apple menerapkan prinsip dasar ini pada nada dering pertama di iPhone. Dikatakan bahwa CEO Apple Steve Jobs tidak menyukai nada dering default Nokia, jadi dia meminta nada dering yang lebih sempurna untuk teleponnya. Dan Steve Jobs dihadapkan pada dua pilihan: menandatangani kontrak dengan label rekaman terkemuka untuk nada dering yang sempurna, atau merilis iPhone dengan beragam nada dering. Dan begitulah set nada dering 25 gaya di iPhone pertama.

Anda mungkin tidak tahu, "ayah" untuk 25 nada dering pertama (termasuk Marimba) adalah Dr. Gerhard Lengeling, spesialis audio dengan peran kunci dalam perangkat lunak terkait audio berkualitas tinggi Apple. Dan Marimba adalah nada dering yang secara sempurna memenuhi semua prinsip dari penelitian Bell Laboratories, sehingga dapat dimengerti bahwa itu dipilih sebagai nada dering default di iPhone.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline