Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Inovasi dalam Menguasai Pangsa Pasar

Diperbarui: 27 Maret 2022   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://majoo.id/blog/detail/inovasi-dalam-strategi-marketing-bisnis-perlukah

Di era jaman sekarang yang semakin canggih saat ini, dalam menciptakan peluang usaha tidak cukup dengan hanya menggunakan tenaga saja. Dalam artian lain, diperlukan adanya pemikiran yang matang dalam menciptakan peluang yang maju, matang dan mampu bersaing dengan peluang bisnis dari berbagai pihak luar baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dan dalam pemikiran yang matang tersebut diperlukan adanya inovasi dalam setiap mewujudkan peluang-peluang baru dalam menghadapi persaingan di dunia pangsa pasar dan menciptakan peluang-peluang emas dalam hal nya berbisnis.

Sebagian dari kamu mungkin bertanya, apa kaitannya inovasi dengan strategi marketing? Sebetulnya erat sekali hubungannya, meskipun kebanyakan pemilik bisnis kadang tidak menyadarinya.

Bila kamu tilik lebih dalam, inovasi hanya bisa berhasil dengan adanya dukungan strategi pemasaran yang optimal. Sebaliknya, marketing membutuhkan inovasi produk yang sukses.

Karena itu, saat kamu memutuskan melakukan inovasi dalam bisnis, pemasaran termasuk bagian yang perlu turut diperbarui. Dengan begitu, seluruh kegiatan pemasaran selalu mempunyai arah yang jelas sepanjang proses inovasi dilakukan.

Menurut Drucker (2012) dalam Makmur dan Thahier (2015), inovasi adalah alat spesifik bagi perusahaan dimana dengan inovasi dapat mengeksplorasi atau memanfaatkan perubahan yang terjadi sebagai sebuah kesempatan untuk menjalankan suatu bisnis yang berbeda.

Dari pengertian para  ahli diatas membuktikan bahwa bisnis atau marketing adalah hal satu kesatuan dimana keduanya saling berhubung dan tidak dapat dipisahkan, dimana didalam bisnis atau sebuah market yang maju terdapat inovasi yang matang didalamnya.

Didalam jaman semakin canggih dan terdapatnya era new normal saat ini di masa pandemi perlu adanya inovasi dalam menghadapi persaingan marketing yang senakin sulit karena yang kita tahu jaman telah berubah dimana dalam berbisnis sekarang semakin sulit karena seperti contoh pembatasan jumlah masyarakat dalam berbelanja dan lain-lain.

Inovasi yang menjadi contoh bagi kita semua seringkali dihubungkan dengan tokoh-tokoh ternama seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Jeff Bezos, Sudono Salim dan masih banyak tokoh lainnya.  “Apakah inovasi hanya bisa dilakukan oleh orang-orang jenius saja?” Jika pendapat ini benar apa adanya, tentunya hanya sedikit orang atau organisasi yang bisa melakukan inovasi. Karena faktanyanya jumlah orang jenius hanya segelintir dalam ratusan bahkan jutaan orang yang ada di dunia ini.

Dalam pembahasan ini, ada berbagai tips untuk berinovasi

1. Berpikir Kreatif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline