Lihat ke Halaman Asli

Steven Thomas

Mahasiswa

Streamer Game Online Ditemani Dakwah

Diperbarui: 19 Januari 2023   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Games. Sumber ilustrasi: Unsplash

kehadiran Ustadz Abi adzkakia yang berdakwah lewat game mobile yaitu Mobile Legends. Ustadz Abi Azkakia kerap melakukan live streaming Mobile Legend di Aplikasi TikTok sambil menyampaikan dakwah tentang Agama Islam. Salah satu dakwah yang menjadi ciri khas Ustadz Abi Azkakia adalah mengubah kata umpatan menjadi dzikir.

Kehadiran beliau dalam era digital saat ini membawakan hal positif yang bagus bagi kalangan anak anak yang menyukai hal tersebut, dan disisi lain ada juga kekurangan dari inovatif yang baru tersebut yaitu, pengguna yang tidak memungkinkan dijangkau karena ada juga yang tidak menelusuri hal tersebut dikarenakan tidak berkenan dan mengerti mobile game tersebut, penelitian ini bertuju hanya kepada inovasi terbaru yang memanfaatkan digital  yang menurut saya sangat inovasi di era sekarang. 

Membagikan sebuah argumen tentang dirinya yang mengikuti alur digital, ada juga rintangan yang sulit yang dihadapinya, dan pemain sekaligus pendakwah ini memberikan beberapa alasan di setiap forum percakapan/ dua orang untuk menjelaskan permasalahannya dalam berdigital selama ini, berikut adalah percakapan beliau dengan pengakuan dirinya terhadap tindakannya. :

Jalan dakwah yang unik ini dipilih Ustaz Abi Azkakia lewat game Mobile Legend. Pendakwah asal Jakarta yang juga mengajar anak-anak mengaji ini memilih game supaya lebih diminati jamaah, khususnya anak-anak.

"Saya dulu punya Instagram full dakwah, tapi balik lagi kurang peminat, sepi. Dari situ saya berpikir perlu inovasi, akhirnya saya mencoba media sosial lain," ungkap Ustaz Abi kepada InsertLive, Minggu (18/9).

"Akhirnya saya coba di Mobile Legend itu. Akhirnya banyak yang terinspirasi, bahkan ada yang kirim email ke saya minta dibimbing mualaf," lanjutnya.

Selain ingin mengajarkan ajaran agama Islam lewat bermain game, Ustaz Abi juga ingin menekan kebiasaan penggunaan kata-kata kotor atau kasar saat bermain game.

Ia pun ingin mengajak jemaahnya untuk lebih banyak berzikir jika kesal atau kalah saat bermain game.

"Anak-anak itu kenapa bisa ngomong kotor dan ngomong kasar? Pasti ada penyebabnya. Katakanlah di YouTube atau mungkin di sosial media mereka nonton streamer yang ngomongnya kotor, jadi ya udah lah saya coba mengubah," tuturnya.

Meski memilih game sebagai media dakwah, jalan Ustaz Abi tak lantas berjalan mulus. Ia mengaku harus belajar terlebih dahulu game Mobile Legend dari muridnya.

"Kalau main Mobile Legend lama (belajarnya). Sebenarnya sampai sekarang saya masih kagok.  Tapi ya niat kita nggak untuk main game, melainkan mengajak orang-orang berzikir. Jadi main game itu cuma pancingan," bebernya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline