Lihat ke Halaman Asli

Membahagiakan Keluarga dengan Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13259647151806605858

Liburan akhir tahun telah tiba. Banyak orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menikmati waktu libur mereka bersama sanak keluarga di kampung halaman. Terutama bagi warga luar Jakarta yang sebagian besar berdomisili dan bekerja di Jakarta. Banyak juga yang memanfaatkan waktu liburan ini untuk berlibur ke tempat-tempat wisata seperti Ancol. Pastinya, momen liburan akhir tahun seperti ini tentunya tidak akan di lewatkan begitu saja bukan.? Adalah sebuah keputusan yang tepat jika liburan yang dilakukan dibarengi dengan hiburan yang edukatif bagi kepentingan anak dan keluarga. Seperti halnya wahana yang terdapat di Ancol, yang memiliki berbagai wahana edukatif.

sumber : www.ancol.com

Kenangan Bersama Ancol

Saya adalah seorang perantauan yang meninggalkan kampung halaman, keluarga, dan kerabat demi mencapai jati diri saya yang sebenarnya di Ibu Kota tercinta Jakarta. Awal saya menjejakkan kaki di Jakarta ini, tidak ada satu orangpun yang saya kenal. Saya menetap di sebuah kamar kos hingga akhirnya saya bertemu dengan beberapa teman satu perjuangan, satu tujuan, dan satu pendidikan saya di sini tetapi berbeda asalnya. Menikmati dan menjalani hari demi hari bersama-sama. Hingga pada suatu hari kami memutuskan untuk melakukan sebuah tour perjalanan berkeliling Ibu Kota Jakarta dalam masa-masa liburan akhir tahun.

Destinasi pertama yang kami lakukan adalah menuju Taman Hiburan Ancol. Secara tempat wisatanya terkenal dan luas. Siapapun pasti ingin mengujunginya. Petualngan dilakukan dari kos-kosan kami menuju Ancol menggunakan beberapa kendaraan umum antara lain angkot, metro mini, dan juga Busway. Itu untuk kali pertamanya juga saya merasakan naik Busway. Maklum di kampung halaman saya tidak ada kendaraan seperti itu. Dan setelah melalui rute yang cukup panjang, tibalah kami bertiga di Taman Impian Jaya Ancol.

Siapa yang Tidak Tahu Ancol

Siapa yang tidak tahu dengan Taman Impian Jaya Ancol atau yang sering disebut Ancol. Baik warga Jakarta maupun di luar Jakarta seperti saya pasti tahu dengan Ancol. Walaupun saya baru mendengarnya saja dan melihat beritanya di Televiisi kala itu. Namun demikian, mendengar namanya saja pasti sudah terlintas dipikiran kita tempat bermain yang luas dengan ciri khas letaknya yang di dekat pantai. Sebuah tempat wisata yang mungkin semua orang pernah mendengarnya. Ancol merupakan taman rekreasi terbesar dan paling populer di Jakarta. Banyak sekali objek wisata yang disuguhkan di sana, diantaranya seperti Pantai dan Taman Ancol, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure (AWA), Gelanggang Samudra, SeaWorld, dan masih banyak objek wisata lain yang menarik. Tempat yangasik dan seru untuk liburan bersama keluarga pastinya.

[caption id="attachment_154496" align="aligncenter" width="588" caption="Pantai Ancol"][/caption]

[caption id="attachment_154497" align="aligncenter" width="588" caption="Pantai Ancol"]

1325964860440325304

[/caption]

Pilihan Wahana Wisata

Ancol tempat yang sangat luas, saya sampai terkagum-kagum melihat kemegahannya. Banyak lo yang bisa kita temuin di Ancol karena Ancol memiliki wahana yang sangat lengkap, mulai dari wahana air seperti seaworld dan atlantis, darat seperti Dufan, maupun udara layaknya Gondola, semua tersedia di sana. Di sana juga banyak terdapat wahana-wahana yang edukatif yang sangat cocok untuk menambah pengetahuan khususnya bagi anak sekaligus menikmati indahnya liburan akhir tahun. Namun yang namanya anak kos dan akhir bulan pula, keadaan kantung alias finansial kami sedang kurang bagus. Dengan dalih menghemat anggaran (padahal gak punya duit) kami memutuskan untuk memasuki wahana atau kawasan wisata pantainya saja dahulu, lain kali baru mencoba wahana yang lain. Kala itu untuk masuk Pantai Ancol hanya merogoh kocek Rp 10rb saja, jadi tidak begitu berat bagi kami. Yang paling penting bagi kami adalah pengalaman yang didapat di dalamnya.

[caption id="attachment_150794" align="aligncenter" width="555" caption="Taman Impian Jaya Ancol"][/caption] [caption id="attachment_150783" align="aligncenter" width="539" caption="Pantai Ancol"][/caption]

[caption id="attachment_150784" align="aligncenter" width="653" caption="Pantai Ancol"][/caption] [caption id="attachment_150803" align="aligncenter" width="367" caption="Pantai Ancol"][/caption]

Mengisi waktu libur bersama teman di Ancol kala itu merupakan hal yang sangat menyenangkan. Sebuah petualangan yang keren. Apalagi jika hal tersebut dilakukan bersama keluarga, pastinya merupakan sebuah momen yang sangat berharga bukan?. Menurut yang saya lihat di Ancol, selain dapat menikmati berbagai hiburan yang ada dan seru pastinya, juga terdapat banyak wahana yang edukatif untuk keluarga terutama bagi anak, misalnya Istana Boneka yang menampilkan berbagai budaya suku bangsa Indonesia. Ada juga Sea World yang menampilkan alam bawah laut dengan berbagai jenis makhluk laut di dalamanya. Dunia Fantasi dengan permainan yang penuh dengan pengetahuan yang canggih dan modern serta bertaraf internasional. Dan masih banyak wahana-wahana edukatif yang lain yang tentunya dapat menambah pengalaman dan pengetahuan bagi keluarga.

[caption id="attachment_154498" align="aligncenter" width="588" caption="Pantai Ancol"]

1325964951808081412

[/caption]

Sedikit rasa penyesalan muncul karena tidak dapat mengunjungi semua wahana yang ada di sana karena satu dan lain hal. Tapi itu saja sudah dapat membuat saya gembira bisa mengunjungi Ancol. Kehampaan dan rasa kesepian yang dialami selama di kos terbayar sudah tatkala menginjkkan kaki di Ancol dengan panorama keindahannya. Oleh karena itu saya sangat menganjurkan bagi para keluarga yang ingin melakukan liburan seperti sekarang ini untuk datang dan saksikan langsung betapa indahnya Ancol. Dengan wahana yang sangat spektakuler yang disediakan di Ancol, tidak perlu khawatir akan biaya yang menurut anda mahal. Setiap harga yang ditawarkan masih dalam kategori terjangkau bagi setiap orang. Dengan membawa minimal Rp 15rb per orang saja kita nantinya sudah bisa masuk ke Pantai Ancol dan menikmati panorama keindahannya.

[caption id="attachment_154499" align="aligncenter" width="588" caption="Pantai Ancol"]

1325965011734482156

[/caption]

[caption id="attachment_154500" align="aligncenter" width="588" caption="Pantai Ancol"]

1325965063715086637

[/caption]

Petualangan Terakhir

Setelah puas berkeliling panatai Ancol, berfoto, menghabiskan waktu seharian menikmati indahnya pantai ancol kamipun memutuskan untuk kembali pulang menuju kehidupan yang biasa kembali dan mungkin suatu saat kami akan kembali lagi bersama untuk melihat kejutan-kejutan di Ancol selanjutnya.

[caption id="attachment_154501" align="aligncenter" width="588" caption="Ancol"]

13259652332083465274

[/caption]

Berbagi pengalaman menuju Ancol

Pada waktu itu saya dan teman-teman saya menggunakan angkot dan metro mini sampai dengan terminal Blok M. dari Blok M kami langsung membeli tiket Busway yang hanya berharga Rp 3.500 bisa sampai ke pintu gerbang Ancol. Jadi kesimpulannya setiap nemu koridor busway bisa nyampe Ancol lo. kalo masih bingung ni saya lampirkan juga koridor buswaynya.

sumber : www.transjakarta.co.id

Menurut informasi yang saya dapat dari mbah google jika menggunkan kendaraan pribadi ni dari arah kota, kita bisa menggunakan jalur tol lingkar dalam Gunung Sahari dan Kemayoran ataupun tol lingkar luar tangerang serpong yang menuju Ancol.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari website ancol, saya mendapatkan daftar harga berbagai wahana yang bisa kita kunjungi di Ancol. Jadi kita bisa mempersiapkan berapa uang yang harus kita sediakan nantinya.

sumber : www.ancol.com

By : Surya Setipanol Link Share Facebook : http://www.facebook.com/stevanold/posts/266422323412666 Twitter : https://twitter.com/?lang=en&logged_out=1#!/stevanold/status/150238467757064194




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline