Lihat ke Halaman Asli

Singa Jaipong : Pesona Simbolik dalam Perayaan Kemerdekaan 17 Agustus

Diperbarui: 22 Agustus 2023   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Jawa Barat, Indonesia -- Dalam rangka perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus, ratusan warga Desa Cipada memadati area lapangan sekitar Kantor Desa Cipada sejak Kamis pagi (17/08/2023) untuk mengikuti perayaan HUT RI ke-78. Salah satunya adalah kegiatan karnaval yang diikuti oleh 12 RW yang ada di Desa Cipada.

Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan upacara bendera, berbagai penampilan pertunjukkan, perlombaan karnaval dan perlombaan-perlombaan tradisional yang diikuti oleh semua masyarakat. Salah satu peserta karnaval yaitu RW 06 Kampung Barujumaah menampilkan pertunjukan Singa Jaipong, dimana sebuah bentuk seni pertunjukan untuk membangkitkan rasa cinta dan kelestarian budaya tradisional khususnya kepada masyarakat Desa Cipada.

Dalam pertunjukkan Singa Jaipong diusung oleh empat orang yang disajikan untuk mengiringi atau mengarak anak. Mereka menari dalam keadaan ceria, semangat dan menonjolkan segi atraktif. Saat diarak, anak akan menduduki kursi yang dihias dan akan diangkat oleh empat orang dewasa. Adapun musik pengiring dalam arak-arakan tersebut menggunakan gamelan diantaranya ada saron 1, saron 2, penerus, selentem, bonang, kendang, gong, kecrek, terompet.

Singa jaipong juga merupakan simbol bentuk perjuangan masyarakat saat masa kekuasaan penjajah. Adapun pengusung merupakan gambaran atau lambang rakyat yang tertindas, dengan yakin percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa disertai kesabaran dan kesadaran, dijiwai semangat persatuan, sekata dalam perbuatan siap dan sanggup untuk mengusir angkara murka penjajah. Sementara itu, Anak kecil menunggangi singa mempunyai arti, esok lusa generasi penerus siap mendudukan singa (penjajah).

Dengan demikian dalam perayaan Kemerdekaan 17 Agustus, singa jaipong tidak hanya menjadi hiasan visual, tetapi juga menghidupkan semangat kemerdekaan dan nasionalisme. Simbolisme yang kuat dan pesona yang menginspirasi menjadikan singa jaipong sebagai bagian penting dari perayaan yang tidak hanya merayakan sejarah, tetapi juga mengingatkan kita akan arti penting perjuangan dan persatuan bagi bangsa Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline