Lihat ke Halaman Asli

KKN POSKO 108 BUMIHARJO

UIN Walisongo dan UIN Sunan Kalijaga

Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) dalam Perspektif Islam

Diperbarui: 12 Juli 2023   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi 

Rabu, 12 Juli 2023- KKN posko 108 mengadakan penyuluhan bersama anggota PKK di Desa Bumiharjo yang terdiri dari gabungan tiga Dukuh yaitu Dukuh Bomo, Dukuh Pojok, dan Dukuh Bakung. Penyuluhan tersebut berisi tentang keluarga berencana dalam perspektif Islam. Acara ini dilakukan pada jam 14.00 WIB. 

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ibu Mukminatun selaku Ibu Lurah Desa Bumiharjo sekaligus menjadi Ketua PKK di Desa Bumiharjo, dilanjutkan dengan pembacaan sholawat nariyah, tahlil dan acara yang terakhir yaitu diskusi kegiatan desa baik yang sudah berlalu maupun yang akan datang. Penyuluhan ini dilakukan sebagai upaya mensosialisasikan program pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Acara ini dibawakan oleh beberapa narasumber dari anggota KKN Kolaborasi Posko 108 yaitu Febrilia Aqiqa Sari dan Fitria Puji Astutik. 

Febrilia selaku narasumber dalam penyuluhan ini mengatakan, "Program keluarga berencana dalam perspektif Islam terdapat dua penjelasan, ada yang mengatakan boleh dengan alasan kesehatan serta merencanakan jarak kehamilan dan ada yang mengatakan tidak boleh jika bertujuan untuk mencegah kehamilan." Hakikatnya mengikuti program KB itu boleh, tergantung niat. Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan masyarakat khususnya warga Bumiharjo mengikuti anjuran pemerintah untuk mengikuti program KB agar mengendalikan laju pertumbuhan yang ada di Indonesia dan melahirkan generasi yang berkualitas.

Selanjutkan disampaikan oleh Ibu Dewi sebagai audiens pada acara penyuluhan KB di Desa Bumiharjo bahwa, "Acara yang dilakukan oleh mbak-mbak KKN memberikan ilmu yang sangat bermanfaat karena kita sebagai warga desa kurang memahami arti penting KB untuk merencanakan kehamilan. Acaranya juga sangat asik, seru, dan informatif."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline