Lihat ke Halaman Asli

STEVAN ANDRIANO FRANS

Mahasiswa Mercu Buana

Media Sosial untuk Branding dan Bisnis di Suku Baduy

Diperbarui: 19 Mei 2023   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Peduli Negeri (KPN). Tema yang diusung adalah "Meningkatkan Kemampuan Masyarakat dalam Bidang Komunikasi & Pariwisata". Kegiatan ini diselenggarakan di Desa Bojongmenteng, dekat dengan Kampung Wisata Baduy Banten pada Ahad, 7 Mei 2023.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh para mahasiswa ini berupa pelatihan dan peningkatan pengetahuan kepada masyarakat Desa Bojongmenteng dalam bidang komunikasi dan pariwisata. Ada 6 kelas yang dibagikan untuk bisa meningkatkan kemampuan masyarakat di desa tersebut, antara lain Keterampilan Komunikasi untuk Profesional Pariwisata, Menangkal Informasi Hoaks dan Konten Negatif, Teknik Vlog Untuk Pemula, Komunikasi & Management Pariwisata, Fotografi Produk menggunakan alat sederhana dan smartphone, serta Social Media for Branding & Business.

Dalam kelas Social Media for Branding & Business para peserta diajarkan bagaimana memaksimalkan sosial media untuk meningkatkan kesadaan merek dan penjualan.

Para peserta diajarkan mengenai pentingnya sosial media dalam membangun bisnis. Ada 3 fungsi sosial media dalam berbisnis, yang pertama untuk berjualan, yang kedua untuk promosi, dan yang ketiga meningkatkan kepercayaan konsumen.

Guna memperdalam wawasan berbisnis di dunia sosial media, panelis menjelaskan cara menganalisa target market agar para pelaku UMKM dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih tepat sasaran untuk memenuhi kebutuhan pasar yang lebih spesifik.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, pemerintah Desa Bojongmenteng, PT. Pupuk Indonesia, PT. Tom Cococha Indonesia dan Yayasan T60. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa SMK, ibu PKK, pelaku UMKM, para guru Paud, SD, SMP, SMK, posyandu, perwakilan RT, pemuda karang taruna dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

Dalam sambutannya, Dekan Universitas Mercu Buana, Bapak Ahmad Mulyana, M.Si mengungkapkan, "Kami sangat senang bisa kembali berpartisipasi dalam kegiatan  ini. Kami berharap kegiatan yang berkelanjutan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Bojongmenteng dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang komunikasi dan pariwisata."

Ketua Panitia, Bapak Asep Jembar Mulyana, juga menambahkan, "Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Bojongmenteng dapat lebih maju dan berkembang dalam UMKM serta bidang pariwisata."

Selain memberikan pelatihan, kegiatan ini juga dibarengi dengan serah terima bantuan pembuatan MCK oleh PT. Pupuk Indonesia kepada Sekretaris Desa Bojongmenteng.

Sekretaris Desa Bojongmenteng yang mewakili Kepala Desa yang tidak bisa hadir menyambut baik kegiatan ini. "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, karena saat ini adalah era digital sehingga akan menolong kami semua untuk bisa bersaing dan mengembangkan kemajuan desa," ujarnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana ini diupayakan keberlanjutannya sehingga mewujudkan upaya institusi pendidikan untuk berperan aktif dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline