Lihat ke Halaman Asli

Digital Era Journalism

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

142855395045523834

[caption id="attachment_377595" align="alignnone" width="640" caption="picture by hereisthecity.com"][/caption]

Jurnalisme saat ini sudah memasuki era digital. Jurnalisme online sudah mulai berkembang, sekarang setiap media massa konvensional seperti televisi, radio, dan surat kabar sudah memiliki situs website sendiri. namun di Indonesia, kebanyakan media massa yang memanfaatkan website seperti hanya memindahkan konten dari media konvensional mereka ke dalam situs webnya, tanpa ada penyesuaian dengan website.

Website sebenarnya mempunyai ciri tersendiri, karena website masih bisa dieksplore lebih banyak lagi, tidak hanya sekedar memindahkan konten ke website. Bagi surat kabar, website bisa menjadi sarana komunikasi yang efektif, apabila orang tidak sempat membeli koran, orang dapat melihat berita melalui websitenya. di website, orang dapat melihat banyak foto, animasi, grafik yang tidak bisa didapat di surat kabar biasa.

Sementara di televisi, orang jika tidak sempat menonton televisi pada jadwal penanyangan suatu program tertentu, orang dapat mengakses website atau akun youtube televisi tersebut yang dimana program tersebut dimasukkan ke dalam situs atau akun youtube televisi tersebut. tetapi sebenarnya tv online masih bisa menggunakan webnya dimaksimalkan dengan memasukkan konten-konten atau program yang memang hanya bisa di akses melalui web tersebut.

Di radio, ketika orang tidak mendengarkan radio. perusahaan radio bisa menggunakan website sebagai sarana mereka menyampaikan informasi. dengan website radio tidak hanya bisa didengar tetapi juga bisa dibaca. karena website memungkinkan radio untuk memasukkan konten teks, foto, audio, dan sebagainya.

Media juga bisa memanfaatkan website untuk menjadi bahan evaluasi bagi medianya karena website bisa menyediakan forum diskusi, kolom komentar dan sebagainya. selain itu dengan adanya interaktiftas ini, media bisa mengadakan polling atau tanggapan dari audience untuk suatu isu atau peristiwa yang diangkat oleh media tersebut.

Data menunjukkan bahwa Indonesia berada di posisi keempat negara pengguna internet di Asia dan kebanyakan orang Indonesia menggunakan Internet untuk sosial media, upload foto dan navigasi (surfing).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline